Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi di Provinsi Jawa Barat menggandeng perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) di wilayahnya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan bahwa pemerintah daerah antara lain menjalin kerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Usai penandatanganan kerja sama dengan manajemen UPI di Hotel Sakura Park Deltamas, Kamis, dia menyampaikan bahwa kerja sama Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan Fakultas Pendidikan Seni dan Desain UPI mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Pemkab Bekasi kunjungi Jepang perkuat SDM lokal sektor tenaga kerja
Baca juga: Kabupaten Bekasi diusulkan jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pendidikan

"Untuk Pemkab Bekasi, sudah jelas manfaatnya, sumbangsih dari mahasiswa, pemikiran dan tenaganya, dan juga hasil-hasil riset serta pengabdian masyarakat. Bagi UPI juga ada manfaatnya, yaitu bagaimana para mahasiswa berkesempatan mempelajari, praktik, dan memberikan pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Ia juga berharap kerja sama Dinas Pendidikan; Dinas Koperasi dan UKM; Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga; Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik; Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang; serta Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi dengan UPI dapat meningkatkan semangat belajar aparatur sipil negara.

"Dari perjanjian kerja sama ini, kita ingin mendorong kesempatan belajar bagi para ASN kita untuk meningkatkan pendidikan dengan jalur formal, S1, S2, dan S3, dan sudah ada dua yang sudah kita fasilitasi untuk mengambil pendidikan tahun ini," kata Dani.

Baca juga: Pemkab Bekasi apresiasi dukungan NU bangun SDM berkualitas

Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah pada tahun 2024 akan membuka program beasiswa dengan cakupan luas bagi aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat. Program beasiswa itu akan mencakup program pendidikan formal dan program pendidikan non-gelar seperti pelatihan.

"Kita akan laksanakan di berbagai sektor yang dinasnya terkait dalam perjanjian kerja sama ini dan untuk targetnya bukan hanya untuk ASN saja, kita juga akan buka beasiswa untuk masyarakat," kata Dani.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023