Aparat dari berbagai unsur memotong batang pohon mahoni yang tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang di Kampung Ciangsana, Kabupaten Sukabumi, Jabar  sehingga sempat memutus akses lalu lintas.

"Akibat pohon tumbang pada pukul 21.20 WIH yang batangnya melintang di tengah jalan di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar ini akses jalan sempat tidak bisa dilalui oleh kendaraan," kata Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria di Sukabumi pada Rabu, (29/11).

Informasi yang dihimpun dari BPBD Kabupaten Sukabumi, pohon mahoni ini tumbang karena tidak mampu bertahan dari terjangan angin kencang ditambah kondisi tanah yang labil akibat hujan deras yang setiap hari turun.

Baca juga: Petugas gabungan evakuasi pohon tumbang yang tutup jalan raya di Neglasari Sukabumi
Baca juga: Polisi dikerahkan evakuasi pohon tumbang tutup jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu

Beruntung saat kejadian, tidak ada warga ataupun kendaraan yang melintas di lokasi kejadian. Namun demikian, akibat pohon tumbang ini akses jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun empat.

Personel gabungan dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikembar, TNI, Polri dan pemerintah desa serta kecamatan setempat yang mendapatkan laporan itu langsung menuju ke lokasi untuk mengevakuasi batang pohon yang melintang di tengah jalan.

Berkat gotong royong, akhirnya batang pohon itu berhasil disingkirkan sehingga akses lalu lintas kembali normal setelah 30 menit tidak bisa dilalui kendaraan.

Baca juga: Petugas gabungan lakukan pemangkasan beberapa titik pohon jalan nasional di Palabuhanratu

Sandra mengatakan pada November 2023 ini sudah terjadi beberapa kasus pohon tumbang di Kabupaten Sukabumi akibat cuaca ekstrem. Meskipun tidak ada korban jiwa, dampak dari pohon tumbang tidak hanya menutup akses jalan, juga merusak sejumlah rumah di beberapa kecamatan.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau ke masyarakat yang di sekitar rumahnya terdapat pohon berukuran besar dan rawan tumbang untuk segera melapor kepada pemerintah setempat agar bisa dilakukan pemangkasan antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pihaknya bersama instansi terkait telah melakukan pemangkasan pohon-pohon yang rawan tumbang di beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi, karena untuk memangkas atau memotong pohon harus ada izin dari instansi terkait.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023