Direktur RSUD Cabangbungin, Kabupaten Bekasi Erni Herdiani  meraih penghargaan pada Anugerah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023, melengkapi sejumlah koleksi penghargaan pribadi yang telah ditorehkan sebelum ajang ini.

Erni Herdiani  meraih juara ketiga kategori inovatif sebagai PNS Berprestasi setelah mengusung inovasi Rumah Sakit Berorientasi Pelayanan (Rusa Berlian). Penghargaan diserahkan Penjabat Sekda Jawa Barat M. Taufiq Budi Santoso di El Hotel Bandung pada Senin (27/11/2023).

"Bersyukur atas prestasi yang telah diraih. Ini merupakan prestasi perdana yang mengharumkan nama RSUD Cabangbungin maupun Kabupaten Bekasi di tingkat Jawa Barat," katanya di Cikarang, Rabu.

Baca juga: Pemkot Bogor miliki kandidat PNS berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat

Dia mengatakan keberhasilan ini dapat diraih berkat dukungan dan sinergi berbagai pihak terutama Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Sekda Dedy Supriyadi, Kepala BKPSDM Endin Samsudin, Kepala Dinas Kesehatan Alamsyah beserta jajaran terkait, serta seluruh tim RSUD Cabangbungin.

"Selain itu, dukungan dan peran dinas maupun instansi lain juga sangat signifikan di antaranya Diskominfo, Balitbangda, Bappeda, Bapenda, BPKD, DPPKB, organisasi profesi, FKTP, Puskesmas, Kecamatan Cabangbungin, aparatur desa, tokoh agama, tokoh masyarakat Cabangbungin termasuk juga BPJS Kesehatan," ucapnya.

Erni mengaku penghargaan kategori inovatif diberikan kepada PNS yang memiliki kemampuan dan keahlian mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan dan individu yang mengelilingi dalam menghasilkan produk, layanan, kebijakan, dan terobosan baru yang berguna baik bagi diri sendiri maupun lingkungan.

"Aspek yang dinilai adalah signifikansi, kebermanfaatan, originalitas, konsistensi, dan dampak inovasi serta continues improvement. Jadi inovasi bukan hanya sekedar singkatan nama saja melainkan juga bermakna, ada indikator yang dinilai, ada monitoring dan evaluasi dan ada manfaat. Data sebelum dan sesudah inovasi sangat penting untuk disajikan," katanya.

Dirinya menyebut inovasi 'Rusa Berlian' yang dicetuskannya menjadi andalan pada ajang seleksi PNS Berprestasi tingkat Jabar tahun 2023 bahkan inovasi ini telah masuk dalam tiga besar inovasi perangkat daerah.

"Ini merupakan satu super inovasi yang terdiri dari 14 inovasi di dalamnya baik di manajemen, pelayanan, dan penunjang. Dengan tujuan mempercepat, memperbaiki, dan meningkatkan mutu layanan dan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan rujukan," ucapnya.

Ia berharap penghargaan ini bisa menginspirasi dan memotivasi seluruh pegawai yang ada di Kabupaten Bekasi. Sehingga ke depan semakin banyak PNS yang berprestasi serta inovatif.

"Mudah-mudahan tahun berikutnya akan lebih banyak PNS Berprestasi lain yang lebih baik lagi. Sehingga dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi dan Makin Berani," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023