Bekasi (Antara Megapolitan) - Petugas gabungan berhasil menjaring puluhan kendaraan bertonase berat dari ruas Tol Jakarta-Cikampek karena dianggap berpotensi menimbulkan gangguan lalu lintas, Selasa.

"Hari ini sedikitnya 20 unit truk bertonase berat kita jaring melalui operasi rutin di KM 41," kata Kepala Induk PJR Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kompol Dedi Setiawan di Bekasi.

Menurut dia, PJR bersama operator Tol Jakarta-Cikampek melakukan penertiban terhadap truk bermuatan melebihi ketentuan (overload) karena berpotensi mengakibatkan kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas.

"Truk yang seperti itu menjadi pemicu kerusakan dan kemacetan jalan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujarnya.

Dikatakan Dedi, penertiban itu juga sekaligus sosisalsiasi program elektronik tilang (e-Tilang) yang mulai diterapkan oleh kepolisian.

"Mereka yang terkena sanksi anggota memberi e-tilang dan dapat dilakukan pembayaran melalui e-bangking," ujarnya.

Menurutnya Elektronik tilang atau e-tilang adalah aplikasi mobile yang berfungsi untuk melakukan pembayaran denda tilang secara daring.

Dengan sistem e-Tilang, akan menghindari kemungkinan adanya pungli berupa kesepakatan antara oknum polisi dengan pelanggar lalu lintas untuk menghindari tilang dengan memberikan sejumlah uang kepada petugas.

Dengan e-tilang, pelanggar lalu lintas cukup mengunduh aplikasi e-Tilang yang tersedia di Google Playstore dan membayar denda tilang melalui m-Banking atau e-Banking atau ATM.

Sehingga proses tilang menjadi lebih ringkas karena pelanggar tidak perlu lagi datang ke pengadilan untuk membayar denda.

Sementara itu, Deputy General Manager Traffic Managemen PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek Ade Priatna mengatakan, pihaknya melakukan deteksi terhadap tonase kendaraan menggunakan alat timbang mobile.

Alat timbang itu berupa dua tumpuan untuk ban kendaraan dan dihitung langsung oleh anggota Polisi Patroli Jalan Raya (PJR) Induk Cikampek dan Polisi Militer (PM) serta Dinas Perhubungan dilibatkan dalam kegiatan itu.

"Kegiatan rutin ini diharap bisa memberikan dampak positif terhadap kenyamanan pengendara di Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017