Ambon (Antara Megapolitan) - PT PLN Persero Maluku dan Maluku Utara (M2U) menambah tujuh unit mesin berkapasitas 5 Mega Watt untuk mendukung pelaksanan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota AMbon.

"Guna meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kota Ambon, kami menambah tujuh unit mesin dengan total kapasitas 5 MW. Ketujuh mesin tersebut telah tiba di PLTD Poka sejak Jumat (27/1)," kata Manajer Teknik PLN M2U Adriansyah, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, pengadaan mesin ini untuk menunjang kesiapan PLN dalam menghadapi Hari Pers Nasional 2017 yang akan dilaksanakan di Kota Ambon 5- 10 Februari 2017.

"Saat ini seluruh mesin sedang dipersiapkan di PLTD Poka dan ditargetkan tanggal 3 Februari mendatang sudah siap untuk dioperasikan," ujarnya.

Menurut dia, penambahan mesin tersebut diharapkan dapat meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kota Ambon jelang pelaksanaan HPN.

"Kami juga berharap adanya partisipasi aktif dari masyarakat dan pemerintah daerah, untuk tetap menjaga keandalan sistem tersebut, mulai dari memperhatikan kebersihan jaringan listrik di sekitarnya serta menggunakan listrik sesuai kebutuhan," katanya.

Saat ini kata Adriansyah, sistem kelistrikan di Kota Ambon dalam kondisi aman, daya Mampu di Kota Ambon sebesar 63 MW dengan Beban Puncak mencapai 57,27 MW, sehingga terdapat surplus/cadangan daya sebesar 5,95 MW.    

Dengan adanya penambahan kapasitas dari ketujuh mesin tersebut, daya mampu di Kota Ambon nantinya dapat mencapai 68,22 MW dan terdapat cadangan daya/surplus 10, 95 MW.

Diharapkan dengan adanya penambahan kapasitas daya dari ketujuh mesin tersebut, sistem kelistrikan di Kota Ambon dapat terus meningkat keandalannya.

"Kami berupaya mendukung pelaksanaan kegiatan Hari Pers Nasional 2017 dengan penyiapan jaringan kelistrikan yang maksimal agar seluruhnya dapat berjalan dengan lancar," tandasnya. (Ant).

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017