Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menuntaskan pembangunan kantor unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Metro Bekasi sebagai upaya memaksimalkan pelayanan dan perlindungan hukum kepada masyarakat.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro mengatakan kantor Unit PPA Polres Metro Bekasi sudah siap untuk digunakan setelah selesai dibangun.

"Pembangunan kantor unit PPA Polres Metro Bekasi sudah rampung secara keseluruhan, sudah 100 persen," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Pemkab Bekasi tuntaskan bangun kantor Polsek Bojongmangu tepat waktu

Dia mengatakan pembangunan gedung baru yang berlokasi di lingkungan Mapolres Metro Bekasi itu menggunakan alokasi pembiayaan senilai Rp1,38 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi 2023.

Pekerjaan pembangunan Kantor Unit PPA Polres Metro Bekasi itu dimulai sejak pertengahan Bulan Juni dan selesai pada Oktober 2023 atau sesuai target yang tercantum pada dokumen kontrak kerja yakni 120 hari kalender.

"Harapan kami tentu saja kantor baru ini bisa dimanfaatkan secara optimal untuk melayani masyarakat khususnya pengaduan dan perlindungan hukum kepada perempuan dan anak," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi bangun gedung FKUB upaya wujudkan moderasi beragama

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedi Aditya Bennyahdi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bekasi atas bantuan pembangunan kantor unit PPA sebagai upaya melindungi hak-hak hukum perempuan dan anak.

Dia menjelaskan Unit PPA merupakan bidang pelayanan khusus di bawah satuan reserse kriminal dengan tugas memberikan pelayanan berbentuk perlindungan hukum terhadap perempuan dan anak yang menjadi korban kejahatan.

Selain perlindungan, Unit PPA memberikan pendampingan hingga penegakan hukum terhadap pelaku. Sedangkan fungsi utama PPA adalah penyelenggaraan pelayanan perlindungan hukum, penyelidikan, dan penyidikan tindak pidana.

Baca juga: Pemkab Bekasi terus tingkatkan pembangunan infrastruktur pendidikan

Kemudian penyelenggaraan kerja sama dan koordinasi dengan instansi terkait seperti pemerintah daerah beserta jajaran dan psikolog. Keterlibatan lembaga lain ini sangat mempengaruhi kesuksesan pengungkapan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Keberadaan bangunan baru ini bisa mengoptimalkan perlindungan maupun pengungkapan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Bekasi. Tentunya melalui kolaborasi dengan pemerintah dalam bentuk perlindungan perempuan dan anak," kata dia.
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023