Universitas Indonesia (UI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melaksanakan pembangunan UI—BRI Work Startup Center  di Gedung Annex Balairung Kampus UI Depok, Jawa Barat, untuk memfasilitasi munculnya usaha rintisan dan pengembangan layanan perbankan terkini.

Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Aset Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA di Kampus UI Depok mengatakan UI terus berkomitmen menciptakan banyak usaha rintisan. Atas dasar keinginan tersebut, selain membuat berbagai program yang dapat mendorong lahirnya para startup, UI juga perlu menyediakan ekosistemnya, seperti UI—BRI Work Startup Center.

“Kerja sama yang dilakukan antara UI dan BRI ini ini tidak hanya berupa bangunan tetapi juga ke depannya terdapat berbagai aktivitas yang menunjang kebutuhan mahasiswa maupun pelaku startup dalam memenuhi kebutuhannya," kata Dedi Priadi dalam keterangan di Depok, Kamis.

Kegiatan ini akan terintegrasi dengan aktivitas yang ada di lingkungan UI dan diharapkan kerja sama ini dapat terealisasi dengan lancar dan baik, sehingga menciptakan banyak startup, baik dari kalangan mahasiswa, dosen, maupun tenaga pendidikan di UI.

Baca juga: UI-BRI Research Institut kerja sama pemberdayaan dan pendampingan UMKM

Pembangunan UI—BRI Work Startup Center merupakan salah satu bentuk kerja sama antara UI dengan BRI, dalam rangka memfasilitasi dan menunjang peningkatan kualitas penyelenggaraan perguruan tinggi, baik bidang akademik maupun non-akademik terutama pada bidang startup.

Menurut dia, fasilitas itu dibangun dengan konsep perpaduan layanan perbankan dan co-working space yang menyatu dengan ekosistem universitas.

Bangunan tersebut akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti longue indoor and outdoor, banking teller, startup room, UKK room, meeting room, amphitheater outdoor, co-working outdoor and indoor, banking assistant, ATM, artwork, private pods, dan fasilitas penunjang lainnya.

Sementara itu Direktur Kerja Sama UI Dr. Toto Pranoto mengatakan selain fasilitas tempat yang diberikan, kerja sama ini juga akan memberikan pendampingan kepada para pelaku startup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Melalui kerja sama ini juga, diharapkan nantinya dapat menjadi wadah dalam mempertemukan startup dengan para investor.

Baca juga: UI dan BCA berikan keterampilan dan kompetensimahasiswa

 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023