Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Pemerintah Provinsi Lampung bersama Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI berkoordinasi menjawab tantangan keamanan pangan, seperti keragaman jenis produk pangan serta luasnya area pengawasan,  keterbatasan dana.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir  Sutono MM pada acara Gebyar Keamanan Pangan dalam rangka HUT ke-16 Badan POM, di Kantor BPOM Lampung, di Bandarlampung, Jum'at (20/01/2017).

"Perlu adanya peningkatan higienis dan sanitasi bagi penjaja pangan dalam mengolah makanan untuk menghindari dari bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan bersama," kata Sutono.

Selain itu,  Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan apresiasi kepada Kepala Badan POM atas inisiasi Program Gerakan Keamanan Pangan desa, berupa program pendampingan sekaligus evaluasi dan penilaian pemahaman serta perkembangan keamanan pangan. Sehingga dapat membantu mengurangi masalah keamanan pangan di Provinsi Lampung.

Bahaya Pangan Merusak Kesehatan

Kepala Badan POM RI Dr Ir Penny K Lukito MCP menyampaikan terima kasih atas dukungan dari masyarakat dan pemerintah terkait untuk membuat ketahanan pangan yang lebih baik lagi.

"Semoga dengan adanya kerja sama ini, mampu membentuk ketahanan pangan yang lebih mumpuni lagi," kata Penny.

Ditambahkan, dengan semakin tingginya tantangan di era global ini, perlu adanya penegasan penindakan hukum untuk menekan dari bahaya pangan yang mampu merusak kesehatan masyarakat.

Selain itu, Penny juga mengimbau agar masyarakat perlu waspada akan pangan yang akan diproduksi, agar terhindar dari ancaman bagi kesehatan.

Kepala Balai Besar POM Bandarlampung, Setia Murni menyampaikan perlu adanya edukasi dan pemberian informasi untuk menggerakkan bahwa ketahanan pangan itu penting untuk membentuk penerus generasi yang sehat.

"Ketahanan pangan sangat penting bagi kita semua baik dari aspek maupun pengolahan pangan yang baik. Untuk itu,  mari kita menerapkan aspek-aspek ketahanan pangan, " ucap Setia.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung Bayana menginformasikan, dalam acara ini terdapat beberapa rangkaian acara seperti lomba mewarnai, lomba mading dan minum jamu bersama serta terdapat pelepasan jalan sehat oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung bersama Kepala Badan POM RI pada pukul 06.30 WIB.

Adapun Rute jalan sehat ini dimulai dari kantor balai besar
POM, Jln.  KH Ahmad Dahlan, Jln.  Way Sekampung, Stadion Pahoman, Jln. Ir H  Juanda, kembali ke kantor Balai Besar POM.

"Dalam kesempatan jalan sehat ini, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono bersama Kepala Badan POM RI Dr Ir Penny K Lukito MCP dan Kepala Balai Besar POM Provinsi Lampung Setia Murni berkunjung ke tempat pedagang kaki lima di sekitaran Stadion Pahoman, Sekaligus memberikan Souvenir dan memberikan bunga ke setiap pedagang," kata Bayana.

Kepala Bagian Humas Heriyansyah menambahkan, acara itudihadiri oleh Kepala Badan POM RI Dr Ir Penny K Lukito MCP, Kepala Balai Besar POM Provinsi Lampung Setia Murni, Kadis Pemuda dan Olahraga Hannibal, Kadis Ketahanan Pangan Kusnardi, Kadis Kominfo A. Chrisna Putra, Karo Hukum Zulfikar, Kadis Kesehatan Reihana, perwakilan Kapolda Lampung, dan Perwakilan PKK Provinsi Lampung. (RLs/BPJ/MTh).

Pewarta: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017