Penemuan fosil gajah purba di Situs Patiayam Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kembali ditemukan berupa gading gajah purba sepanjang 197 sentimeter.
 
"Lokasi penemuan berada di lahan Perhutani di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus," kata Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus Jamin di Kudus, Selasa.
 
Penemu fosil gading gajah, kata dia, merupakan petani penggarap lahan bernama Sumadi pada dua pekan yang lalu. Sedangkan usia gading gajah diperkirakan antara 750 ribu-1,5 juta tahun yang lalu dan terpendam di kedalaman satu meteran.
 
Kemudian, kata dia, hal itu dilaporkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus. Setelah itu, lanjutnya, dilakukan pengecekan di lokasi penemuan untuk memastikan spesiesnya serta jenis gadingnya.

Baca juga: Fosil naga laut berusia 180 juta tahun ditemukan di Inggris Raya
 
"Lantas diagendakan penyelamatan hari ini (14/11) yang dimulai sejak pagi hari," ujarnya.
 
Awalnya, kata dia, gading gajah tersebut ukurannya berkisar 170 cm, namun setelah diangkat dan diukur ulang panjangnya mencapai 197 cm. Fosil gajah tersebut kemudian dibawa ke Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus sekitar pukul 16.30 WIB.
 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023