Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke BPJS Kesehatan Cabang Depok untuk membahas Program dan Layanan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Kami tentu sangat berterima kasih kepada Ibu Elshe Theresia dan seluruh timnya yang menyambut baik kehadiran kami. Selain itu banyak sekali penjelasan terkait program-program yang ada di BPJS Kesehatan, sangat beragam dan solutif," kata Anggota Komisi D DPRD Depok Ade Supriyatna di Depok, Senin. 

Ade mengatakan berbagai macam program JKN menjadi solusi di setiap masalah yang dihadapi peserta. Jadi setiap persoalan peserta telah memiliki wadahnya atau salurannya masing-masing. 

"Semoga implementasi di lapangannya juga selalu berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan baik. Sejauh ini memang Program JKN semakin melakukan banyak inovasi yang beragam dan solutif,” jelas Ade.

Baca juga: Fraksi PKS DPRD Depok setujui raperda Ketenagakerjaan

Disamping itu, Ade juga turut menanggapi adanya janji layanan yang telah diimplementasikan saat ini.  Disamping itu Ade mengatakan dampak dari janji layanan tersebut kepada peserta bisa menjadi afirmasi tertulis dari Faskes kepada seluruh pasien yang datang dan berobat menggunakan Program JKN. 

Ade menyatakan bahwa DPRD Kota Depok akan terus support Program JKN agar tetap terus berjalan dengan baik sehingga dapat terus membantu seluruh warga khususnya warga Kota Depok terutama dalam hal jaminan kesehatan. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok  Elshe Theresia menyambut dengan baik bentuk kunjungan kerja ini, karena DPRD Kota Depok merupakan salah satu pemangku kepentingan  yang turut berperan dalam menyukseskan Program JKN. 

"Hubungan yang selama ini sudah terjalin juga sudah baik, jadi bentuk kunjungan seperti ini juga bisa menjadi salah satu upaya agar hubungan yang sudah terbina dengan baik tetap terjaga," tuturnya.

Baca juga: Anggota DPRD PKS diminta jadi gardan terdepan layani rakyat

Kesempatan ini BPJS Kesehatan menyampaikan program-program unggulan BPJS Kesehatan yang saat ini sedang berjalan dan juga menyampaikan bagaimana update Program JKN yang saat ini sedang berjalan di Kota Depok sendiri. 

Elshe menambahkan bahwa berbagai program unggulan dari BPJS Kesehatan saat ini tentunya cukup banyak. 

"Salah satu yang menjadi unggulan adalah Program Rehab (Rencana Pembayaran Iuran Bertahap), program ini lahir untuk menjadi jawaban khususnya bagi para peserta yang memiliki tunggakan," ungkapnya.

Karena menurutnya peserta yang menunggak tentu menjadi salah satu hal yang bisa menganggu operasional Program JKN. 

Baca juga: Harga beras mahal, Anggota DPRD Depok sarankan diverifikasi pangan

Sehingga tidak hanya melihat dari sisi BPJS Kesehatannya saja tapi melihat dari kemampuan dan keinginan peserta untuk membayar maka perlu adanya beberapa solusi untuk bisa menanggulanginya. 

"Salah satu dari solusi tersebut adalah Program Rehab. Program ini disambut baik oleh peserta, terbukti dengan antusias pendaftar Program Rehab yang terus bertambah," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023