Depok (Antara Megapolitan) - Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok, Jawa Barat mengembangkan empat situ (danau) yang dijadikan sebagai daerah tujuan wisata untuk menarik masyarakat mendatangi tempat tersebut.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Yelis Rosdiana di Depok, Jumat mengatakan pengembangan situ tersebut bersifat renovasi dan upaya peningkatan pelayanan.

"Keberadaan situ masih menjanjikan keuntungan bagi peningkatan sektor pariwisata di Kota Depok," katanya.

Untuk saat ini akan dikembangkan empat situ yaitu Situ Sidamukti, Situ Cilangkap, Situ Pengasinan, dan Situ Cilodong. Nanti akan juga dibangun pendopo untuk menampilkan kebudayaan lokal setempat.

"Kita ingin budaya kita tampil di situ-situ tersebut, karena Pemkot hanya punya setu sebagai wisata air," jelasnya.

Yelis menyebutkan selain situ ada beberapa tempat wisata di Depok yang dimiliki oleh perorangan seperti Masjid Kubah Emas, D-Kandang, waterpark dan sejumlah destinasi wisata lainnya.

Namun, kata Yelis, Pemerintah Kota Depok juga menginginkan adanya desitinasi wisata yang mejadi ikon wisata Depok. Karena itu, pihaknya akan bersinergi dengan dinas terkait untuk membangun infrastruktur terkait dengan jalan, bangunan pendukung dan fasilitas lainnya.

"Pengembangan arena bermain air yang ada di situ juga akan dilengkapi," katanya.

Yelis mengatakan ada satu lagi wisata air yang ada di Depok yang potensial untuk dikembangkan yaitu ekowisata Ciliwung.

Dalam pengembangan ekowisata Ciliwung ini, pihaknya bekerjasama dengan LPM Ratujaya. Kegiatan rafting yang ada di Ciliwung tersebut dinilai sudah bagus, sehingga akan dijadikan tempat wisata unggulan.

"Kami mendorong para penggiat tempat-tempat wisata untuk berperan aktif dalam mengembangkan wisata Depok. Kegiatan ini dilakukan melalui pembinaan yang dimediasi oleh pihak Pemkot Depok," jelasnya.

Ia juga mengatakan, akan mengumpulkan para pelaku wisata dan membuat himpunan atau organisasi, sehingga akan memudahkan Pemkot Depok untuk berkoordinasi dalam pengembangan wisata Depok.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017