Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima penghargaan terbaik kedua se-Indonesia dalam pelaporan harta kekayaan aparatur sipil negara (LHKASN) tercepat persentase pengunggahan dan terverifikasi lengkap.

"Langkah akselerasi digital merupakan strategi jitu dalam mengelevasi capaian dan dampak dari pemanfaatan teknologi informasi," kata Wakil Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Eddy O.S. Hiariej dalam keterangan pers diterima di Pangkalpinang, Kamis.

Pengumuman Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel terbaik kedua pelaporan LHKASN 2023 disampaikan secara daring pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham Republik Indonesia yang diikuti seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham se-Indonesia.

Pada HUT ke-57 Itjen Kemenkumham 2023 bertemakan "Akselerasi Digital Wujudkan Pengawasan Optimal" diumumkan terbaik pertama dalam pelaporan LHKASN diraih Kanwil Kemenkumham Gorontalo dan terbaik tiga Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan.

Wamenkumham Eddy O.S Hiariej mengatakan Itjen Kemenkumham RI telah melakukan pembenahan dalam berbagai aspek untuk meningkatkan mutu pengawasan.

Mutu pengawasan quality assurance, consulting dan strategic partner, di antaranya satuan kerja zona integritas yang terus bertambah, indeks integritas yang meningkat, dan penghargaan “Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik” dari Ombudsman Republik Indonesia.

"Aplikasi seperti EKIBE, SERAYA dan E-Mawas mengubah secara fundamental ekosistem pengawasan," katanya.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham RI Razilu mengatakan capaian kinerja Itjen Kemenkumham sepanjang 2023 dan akselerasi digital itjen dan telah lakukan program unggulan diantaranya 15 kegiatan Gerbang Transisi, 24 kegiatan Itwil Aktif Mendengar untuk Memberi Solusi, Aktif Belajar Plus meliputi 31 materi dengan total 91 jam pelajaran.

Selain itu, kata dia, sertifikasi kompetensi API dan CRMO, E-Mawas yang telah lulus uji oleh ITSA (Information Technology Security Assesment). Juga berhasil lulus dalam resertifikasi internasional ISO 37001 versi 2016 oleh TUV NORD dan penghargaan dari BPKP sebagai mitra GIA CORPU terkolaboratif.

"Pada 2024, Inspektorat Jenderal Kemenkumham akan melaksanakan Gerbang Transisi tahap 2, Irjen Ada, Irwil Berisi tahap 2, Aktif Belajar Kolaboratif, Sertifikasi Kompetensi dan Joint Audit Kinerja," katanya.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023