Pemerintah daerah menurunkan petugas untuk menangani tumpukan sampah di saluran air yang ada di Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa.

Setelah meninjau tumpukan sampah di Simpang Ciawi bersama Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Bupati Bogor Iwan Setiawan menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup untuk segera melakukan penanganan.

"Hari ini kita mulai membersihkan dan berupaya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Saya minta bangunan liar yang ada di lokasi ini dibongkar agar proses pengerukan sampah bisa berjalan dengan lancar," kata Bupati, yang meninjau daerah Simpang Ciawi setelah melakukan kegiatan Bogor Keliling (Boling) di Ciseeng.

Baca juga: Butuh sebulan angkut sampah menumpuk dua meter di Bojonggede

"Namun saya meminta agar pembongkaran bangunan liar dilakukan dengan pendekatan humanis. Saya berharap lokasi ini ke depan bisa dibuat nyaman, misalnya seperti dibuat taman," kata Iwan.

Bupati juga menginstruksikan para camat untuk memantau penanganan sampah di wilayah masing-masing.

Penanganan sampah di Simpang Ciawu melibatkan aparat TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Jasa Marga, dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan.

Baca juga: Pemkab siap angkut sampah hingga dua meter di Bojonggede
 
Aparat TNI membantu penanganan tumpukan sampah di Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (7/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)


Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengemukakan perlunya perbaikan saluran air dan pembenahan pengelolaan sampah setelah meninjau tumpukan sampah di saluran air di Simpang Ciawi.

Baca juga: DLH Bogor segera terapkan sistem zonasi pengelolaan sampah

"Saya meminta Bupati Bogor dan Danrem untuk segera membersihkan tumpukan sampah ini, sehingga masyarakat bisa tetap nyaman," katanya.

"Hari ini kami gerak cepat, kita berbagi tugas, untuk pembersihan akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor bersama TNI. Sampah akan dibuang ke TPA Galuga," ia menambahkan.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023