Petugas gabungan dari berbagai unsur berhasil memadamkan kebakaran hutan bambu yang berada di Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis.

"Penyebab kebakaran hutan bambu di Kampung Cimapag, Desa Bantargadung, masih dalam penyelidikan," kata Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria di Sukabumi, Kamis.

Informasi yang dihimpun dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Bantargadung, kebakaran hutan bambu ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Personel P2BK yang mendapatkan laporan, langsung menuju ke lokasi dan menghubungi petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Sukabumi yang menurunkan beberapa unit kendaraan pemadam kebakaran.

Baca juga: Petugas DPKP Sukabumi berhasil padamkan kebakaran lahan yang diduga ulah ODGJ
Baca juga: Sehari tercatat terjadi kebakaran lahan di tiga lokasi berbeda di Sukabumi

Tidak lama petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Bantargadung tiba di lokasi untuk bersama-sama memadamkan api yang semakin membesar dan merambat hingga ke bahu jalan raya. Kurang lebih dua jam api berhasil dipadamkan dan dipastikan tidak ada bara yang masih menyala.

Sandra mengatakan belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran ini, namun karena daerah Bantargadung ini masih jarang turun hujan sehingga kondisi lahan kering dan rawan terjadi kebakaran.

"Tidak ada korban pada peristiwa ini dan untuk luas lahan yang terbakar masih dalam perhitungan kami," ujarnya.

Baca juga: Petugas gabungan padamkan kebakaran hutan dan lahan di Desa Sukamulya Sukabumi

Ia mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan aktivitas yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan seperti membakar sampah atau alang-alang, kemudian saat membuka lahan tidak dengan cara dibakar serta segera melapor jika melihat atau mengetahui adanya bencana agar bisa ditanggulangi dengan cepat.*

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023