Dokter spesialis anestesiologi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Noor Hafidz Sp.An mengatakan perubahan kebiasaan minum obat pada pasien yang memiliki penyakit risiko tinggi dapat menyebabkan risiko keparahan atau tingkat kritis yang lebih tinggi.

“Biasanya di pasien-pasien ICU menjadi kritis karena berubah kebiasaan minum obatnya karena bosan dan kalau berhenti atau malah infeksi mungkin bisa menjadi kondisi kritis,” kata Hafidz dalam diskusi Kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

Hafidz mengatakan kondisi pasien dikatakan kritis jika mengalami sakit berat sehingga potensi kematiannya dekat. Biasanya pasien dengan kategori kritis mengalami gagal organ multiple atau mengalami infeksi yang mengancam nyawa.

Kategori kritis juga digunakan pada pasien yang mengalami trauma seperti kecelakaan atau korban kebakaran.



Dokter yang menyelesaikan Pendidikan di Universitas Indonesia ini mengatakan kondisi kritis bisa dipicu dengan berbagai faktor risiko yaitu host atau pasien, agen atau pembawa penyakit dan lingkungan.

“Jadi dari faktor host kekebalan tubuh, bagaimana genetiknya, kebiasaan terhadap sebuah penyakit akan menyebabkan dia sakit kritis atau tidak. Infeksi yang dikasih obat nggak mempan, bisa juga lingkungannya misalnya dia sehat-sehat aja tapi tinggal di daerah yang tinggi angka kesakitan,” ucapnya.

Bila pasien kritis karena penyakit seperti stroke, jantung, atau diabetes yang menyerang tiba-tiba, harus mengontrol dengan rutin mengonsumsi obat agar sakitnya tidak menjadi kritis.

Hafidz menyebut, pasien yang dalam kondisi kritis perlu dirawat di ruang perawatan khusus seperti Intensive Care Unit (ICU) untuk mendapatkan hasil optimal dan pengobatan yang terus menerus secara intensif.

Ada beberapa perbedaan dengan ruang rawat biasa yaitu ketersediaan peralatan penyokong organ, jumlah perawat dan agresifitas perawat terhadap pasien kritis dalam pemberian obat dan mencari diagnostik lain.

“SDM perawatan intensif satu pasien satu perawat, ini beda jauh dengan rawat inap, kedua peralatan pasien di perawatan intensif membutuhkan banyak peralatan untuk pemantauan, untuk memberikan obat, memberikan organ support,” jelas Hafidz.

Jika ada pasien yang dirawat di ruang intensif, Hafidz berpesan pada pihak keluarga agar tidak terkejut dengan kondisi pasien yang bisa menurun drastis. Maka itu, keluarga pasien harus sedia untuk berjaga di rumah sakit agar tim dokter yang menangani tidak kesulitan jika harus menanyakan keputusan maupun informasi pasien.

Selain itu keluarga yang berjaga juga disarankan tidak sendirian dan cukup tidur agar tidak ikut sakit saat menjaga pasien dengan penyakit kritis yang dirawat di ICU.

Dokter dan tim yang menangani pasien biasanya juga akan mengadakan pertemuan yang terdiri dari dokter anastesi dan perawat lainnya untuk mengabarkan kondisi terkini pasien. Disaat itulah, kata Hafidz, keluarga bisa bertanya dan mencatat apa yang disampaikan dokter.

“Keluarga harus catat dan menanyakan, dan menyampaikan keinginan yng sakit, wasiatnya apa itu harus disampaikan,” jelas Hafidz.

Selain itu juga perlu menjaga komunikasi dengan perawat dan selalu sampaikan informasi yang jujur kepada tim agar tidak salah dalam mengambil keputusan untuk pasien.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perubahan kebiasaan minum obat jadi pemicu penyakit tambah kritis

Pewarta: Fitra Ashari

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023