Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Jawa Barat, meningkatkan pengawasan keselamatan masyarakat di setiap pintu perlintasan kereta rel diesel (KRD) yang berada di Kota Sukabumi untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

"Beberapa petugas Dishub Kota Sukabumi belum lama ini mendapatkan pelatihan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk meningkatkan keselamatan orang dan kendaraan yang melintas di perlintasan kereta api. Hasil pelatihan ini kami tuangkan berupa peningkatan pengawasan keselamatan," kata Kepala Dishub Kota Sukabumi Imran Wardhani di Sukabumi, Senin.

Menurut dia, pihaknya terus melakukan pengawasan secara rutin di setiap perlintasan KRD yang ada di Kota Sukabumi untuk memastikan kepatuhan penjaga pintu perlintasan, warga ataupun pengendara kendaraan bermotor terhadap aturan lalu lintas, dan juga meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Perlintasan Tanpa Palang Pintu Bekasi Diverifikasi

Selain itu, kata dia, melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar perlintasan KRD agar lebih sadar akan pentingnya menjaga keselamatan saat KRD tengah melintas dan tidak beraktivitas di sepanjang rel perlintasan kereta.

Beberapa kasus kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta api, menurut dia, disebabkan beberapa faktor seperti menerobos pintu perlintasan saat KRD hendak melintas, beraktivitas di rel dan lainnya.

"Kami berharap upaya yang dilakukan ini dapat meningkatkan kesadaran serta keamanan bagi masyarakat dan pengendara kendaraan bermotor yang melintas di perlintasan KRD di Kota Sukabumi," tambahnya.

Baca juga: Dishub Bekasi Berencana Tutup Puluhan Perlintasan Kereta

Imran pun mengucapkan terima kasih kepada PT KAI yang telah memberikan pelatihan kepada pihaknya, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petugas dalam mengawasi perlintasan kereta api.

Peserta yang mendapatkan pelatihan itu diberikan sejumlah materi mulai dari prosedur keselamatan, teknik pengawasan, penanganan keadaan darurat serta pemahaman terkait aturan-aturan yang berlaku di perlintasan kereta api.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023