Ketua Pembina Yayasan Pembina dan Pendidikan Universitas Pancasila (YPPUP) Dr. (HC). Ir. Siswono Yudo Husodo menyatakan dalam usianya yang ke-57 tahun Universitas Pancasila ikut andil dalam kemajuan bangsa Indonesia.

"Universitas Pancasila telah meluluskan sebanyak 72.191 sarjana yang tersebar di berbagai daerah dan bekerja diberbagai bidang ilmu sesuai keahliannya masing-masing," kata Siswono Yudohusodo disela-sela HUT Universitas Pancasila ke-57 tahun di Ruang Serba Guna UP Jakarta, Senin.

Siswono mengatakan banyak hal yang terjadi dalam perjalanan Universitas Pancasila hingga mencapai usianya yang ke-57 tahun dan banyak kemajuan secara akademik serta mencapai akreditasi yang unggul.

"Setiap tahun jumlah mahasiswa yang masuk juga selalu memadai," katanya.

Baca juga: Sekolah Pascasarjana UP dan USM kerja sama tri dharma perguruan tinggi

Lebih lanjut Siswono mengatakan capaian yang diperoleh oleh masing-masing rektor dalam memimpin perguruan tinggi tersebut patut dibanggakan dan regenerasi berlangsung dengan baik.

"Penerapn Merit sistem meruapakn yang paling tepat karena berdasarkan integritas dan kemampuan seseorang," ujarnya.

Dikatakannya seluruh pimpinan universitas harus bisa mengikuti perkembangan jaman dimana kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang harus mampu diikuti karena jika tidak mengikuti telah maka akan tertinggal.

Baca juga: Guru Besar UP: BPOM sejauh ini lakukan tugas dan fungsi dengan baik

Namun kata Siswono kemajuan teknologi informasi harus diimbangi dengan karakter unggul karena tujuan pendidikan di UP adalah untuk menciptakan lulusan yang berkarakter Pancasila. 

Sementara itu Rektor Universitas Pancasila Prof. Edie Toet Hendratno mengatakan dalam usianya yang ke-57 tahun UP telah berhasil mengalami kemajuan-kemajuan antara laian UP terakreditas unggul, dan beberapa program studi juga telah berhasilmeriah predikat unggul.

Saat ini katanya UP membuka empat prodi baru, penerimaan mahasiswa baru 2023/2024 mencapai 2.522 mahasiswa, penambahan jumlah 4 guru besar.

Baca juga: Universitas Pancasila dan Pacific Paint kolaborasi berdayakan UMKM

Selain itu program pengembangan IT berjalan sesuai dengan masterplanICTdan akan selesai pada 2024.

Segenap Sivitas Akademika Universitas Pancasila memperingati dies natalis ke-57. Memasuki usia ke 54 Tahun, Universitas Pancasila terus berupaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang bermutu.

Serta menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi untuk dapat melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter Pancasila. 

Pada perayaan ulang tahun ke-57 ini, turut  hadir perwakilan dari LLDikti 3 Wilayah Jakarta, para mitra, dan sebagai tamu kehormatan adalah keluarga dari para pendiri dan juga pahlawan nasional yaitu keluarga Jenderal Besar TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Abdul Haris Nasution, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Awaludin Djamin, Drs., MPA, Jenderal Kehormatan Tentara Nasional Indonesia (HOR) (Purn.) Achmad Tahir dan Letnan Dua (Purn.) Prof. Dr. Soebroto, M.A.

Sebagai ucapan syukur, UP juga mengajak 59 UMKM untuk berpartisipasi dalam festival UMKM,  dimana seluruh civitas academica yang hadir mendapat voucher berbelanja pada festival tersebut. Segenap civitas academica Universitas Pancasila pada hari ini memperingati usia ke-57 dengan menjaga komitmen mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang bermutu dan berdaya saing tinggi sehingga melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter Pancasila.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023