Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meraih penghargaan sebagai mitra kolaboratif daerah terbaik tingkat nasional dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui ajang Festival TIK 2023.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Bahrul Ulum mengatakan penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen dan kerja sama lintas sektor yang mampu direalisasikan seiring program dan arah pembangunan bidang TIK di Kabupaten Bekasi.

"Alhamdulillah kita baru saja mendapatkan apresiasi berupa penghargaan sebagai mitra kolaboratif daerah terbaik. Kolaborasi pengembangan teknologi informasi tentu diperlukan sebagai upaya percepatan transformasi digital," katanya di Cikarang, Minggu.

Baca juga: Pemkab Bekasi serahkan penghargaan kepada pemuda berprestasi

Diskominfosantik Kabupaten Bekasi bersama dengan Relawan TIK Nasional yang ada di daerah itu berkolaborasi dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar teknologi informasi yang dapat menjangkau hingga ke pelosok-pelosok wilayah.

"Kita berupaya beberapa tahun ke depan Kabupaten Bekasi bisa mencapai zero blank spot internet hingga ke seluruh penjuru wilayah kami," ucapnya.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Bekasi Ira Pelita Wati mengaku terus berupaya mengajak seluruh pemerintah desa untuk bertransformasi sesuai dengan kemajuan teknologi sehingga terwujud desa-desa digital di Kabupaten Bekasi.

"Desa Cikedokan misalnya yang mampu bertransformasi menjadi desa digital. Namun kita ingin Desa Cikedokan sebagai salah satu desa percontohan saja, nanti mungkin akan kita contoh sistemnya di desa-desa lain," katanya.

Baca juga: Desa Tanjungbaru Bekasi raih penghargaan Anubhawa Sasana

Pada ajang tersebut, Desa Cikedokan berhasil meraih penghargaan sebagai transformasi digital pemerintah desa terbaik bersama CSR dari PT Yutaka Manufacturing Indonesia yang juga meraih penghargaan sebagai mitra kolaboratif terbaik.

Kepala Desa Cikedokan Gorin Santoso mengaku bangga atas prestasi yang diraih tersebut mengingat Desa Cikedokan saat ini menjadi satu-satunya desa di Kabupaten Bekasi yang mampu mengoptimalkan pelayanan publik secara digital.

Desa Cikedokan dianggap sebagai salah satu desa terbaik yang mampu menyelenggarakan pelayanan secara digital sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkab Bekasi raih tiga penghargaan layanan publik Jabar 2023

"Jadi masyarakat di Desa Cikedokan dapat memanfaatkan pelayanan Sistem Informasi Desa dan Pembangunan Dengan (SIDePe) sehingga seluruh masyarakat bisa mengakses seluruh pelayanan hanya dengan menggunakan smartphone dari rumah," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023