Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat menggelar Musabaqah Tilawatil Quran Tahun 2023 (MTQ XXIII/2023) Tingkat Kota yang dinilai sebagai bentuk kecintaan terhadap Al Quran.

"Fraksi PKS menyambut baik pelaksanaan MTQ yang diadakan setiap tahun di Kota Depok agar generasi muda Islam selalu terjaga dalam mencintai Al-Quran, mempelajari, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," kata Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Depok Hafid Nasir di Depok, Selasa.

Lanjut Hafid Nasir mengatakan MTQ sebagai upaya kongkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Al Quran. Agar lanjut Hafid Nasir supaya dijadikan sebagai pedoman hidup bagi umat Muslim.

Baca juga: Sekda: Depok bersiap mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat

"MTQ bukanlah sekedar lomba membaca Al Quran dengan lagu yang indah dan suara yang merdu, atau sekedar untuk mencari qori dan hafidz terbaik, akan tetapi MTQ adalah suatu upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Al Quran," tutur pria yang juga calon Anggota DPRD Depok dapil Pancoran Mas.

Pria yang akrab disapa Bang Hafid berharap pelaksanaan MTQ tingkat Kota Depok ini berjalan dengan baik dan tidak ada peserta cabutan dari luar daerah.

"Cabutan sekedar untuk keluar sebagai juara. Semoga tidak ada dan Pemerintah Kota Depok pasti akan bekerja sama dengan Kemenag Kota Depok untuk proses penyaringan dan verifikasi," tutur Hafid Nasir.

Baca juga: MTQ XXII Depok 2021 diadakan dengan adaptasi kebiasaan baru

Sementara itu MTQ ke-XXIII tingkat Kota Depok tahun 2023 telah dibuka oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono dengan melepas peserta pawai taaruf.

Kegiatan pawai taaruf tersebut diikuti 2.500 peserta, rangkaian pawai dimulai dari Gedung Pramuka dan finis di Alun-Alun Kota Depok yang ada di Kawasan Grand Depok City (GDC).

"Al-Qur'an merupakan mukjizat dari Allah SWT kepada Rasulullah. Kita sebagai umatnya harus bisa membaca dan mengamalkannya," ujar Imam Budi Hartono.

Baca juga: Kota Depok gelar Musabaqah Tilawatil Quran XXII tahun 2021

Imam Budi Hartono mengatakan MTQ ke XXIII berlangsung di Kecamatan Cilodong untuk pelaksanaannya selama tiga hari, 24 hingga 26 Oktober 2023.

"Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan dan kesehatan serta keberkahan bagi kita semua dalam menjalankan acara ini," katanya.

"Semoga para peserta yang bertanding selalu dalam keadaan sehat dan menjunjung tinggi sportivitas sehingga mendapatkan pemenang yang bisa mewakili Kota Depok di tingkat Jawa Barat dan Nasional," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023