Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus berkomitmen untuk memperkuat ekosistem perfilman, salah satunya dengan menggelar Sinema Keliling di berbagai daerah.

Sinema Keliling merupakan bagian dari program Roadshow Festival Film Bulanan 2023 berupa pemutaran film pendek yang mengusung konsep one stop entertaiment, yaitu menonton film yang dipadukan dengan berbagai hiburan, seperti musik, pertunjukan kesenian, stand up comedy, dan melibatkan UMKM.

Kali ini, Sinema Keliling hadir di Palu dengan berkolaborasi bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah dan Komunitas Lokal, yaitu Maknaproduction dan Forum Sudut Pandang, setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Mataram, Jambi, Medan dan Pontianak.

Baca juga: Sandiaga Uno apresiasi semangat para sineas peraih 'Film Terpilih' Festival Film Bulanan Lokus 8

Bertajuk Sinema Keliling x Jelajah Kota & Sinema, acara kali ini cukup berbeda dengan Sinema Keliling sebelumnya, di mana bertepatan dengan hari ulang tahun kota Palu.

Dengan adanya kolaborasi ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam keterangannya di Jakarta berharap ekosistem perfilman akan semakin kuat.
 
Program Roadshow Festival Film Bulanan 2023 di Kota Palu, Sulteng. (Foto rilis).

"Untuk memperkuat ekosistem perfilman, kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Perlu adanya kolaborasi, sehingga efek dan dampaknya akan terasa lebih luas dan merata," ujar Sandiaga Uno.

Ada 12 film pendek karya anak bangsa yang ditayangkan dalam Sinema Keliling Palu. Film-film pendek tersebut merupakan Film Terpilih Festival Film Bulanan dan film karya sineas setempat. Di antaranya Rindu Tenggelam, Titip Sendal, Bersama Membangun Negeri, Pepadu, Sky So Friendly Ya, Mudik, Hold & Kick, Sandung Bunga dari Bulukadia, Kaputia Libu, Land of Blessings, Saya Disini Kau Disana, dan Titik Dua.

Baca juga: Persiapkan sineas lokal menuju film komersil, Sandiaga Uno dan Festival Film Bulanan gelar workshop di Medan

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Wali Kota Palu, Reny A. Lamadjido. Adapula sambutan dari  Mohammad Amin selaku Direktur Musik, Film, dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di hari kedua.

Selain itu, Sinema Keliling diisi dengan penampilan band, kesenian tradisional dan stand up comedy. Ada juga salam sapa sineas dan dialog senja. Serta turut dimeriahkan dengan deratan UMKM di Kota Palu.
 
Program Roadshow Festival Film Bulanan 2023 di Kota Palu, Sulteng. (Foto rilis).

Terdapat juga walking galery yang berisikan sejarah Kota Palu dan perjalanan sinema di kota yang dikenal sebagai Kota Film, Animasi, dan Video tersebut.

Berbagai tanggapan juga muncul, salah satunya dari Mei, pengunjung Sinema Keliling.

Baca juga: Festival Film Bulanan Goes to Cannes, Sandiaga Optimistis Sineas Lokal Ciptakan Film Taraf Internasional

"Menarik ya, bagus untuk kita yang baru pertama kali datang ke acara kayak gini kita suka banget. Semoga acara ini bisa terus rutin diadakan," ungkapnya.

Tanggapan positif juga hadir dari UMKM yang terlibat, salah satunya dari UMKM Teman Gambar , "Bagus ya keren jadi wadah buat teman-teman kreatif di sini. Semoga banyak stand-stand UMKM yang dirangkul dan untuk memajukan Kota Palu supaya lebih baik lagi," tutupnya.

Pewarta: Rilis

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023