Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sukabumi menebar ribuan ekor benih ikan lokal jenis wader di Sungai Citamiang dan Sungai Cibojong, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, untuk melestarikannya.

"Penebaran benih ikan lokal ini sebagai upaya pelestarian. Di masing-masing sungai kami menebar sekitar 3 ribu ekor benih ikan wader," kata Kepala Diskan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati, di Sukabumi, Jumat.

Menurut Nunung, ikan wader merupakan jenis ikan lokal di kabupaten Sukabumi yang hidup liar di perairan umum, terutama di sungai-sungai yang berarus sedang dan berair jernih.

Baca juga: Menteri KKP tebar 100 ribu benih ikan di Situ Lebak Wangi Desa Wisata Pamegarsari (video)
Baca juga: Pemkot Bogor Tebar Ratusan Ribu Benih Ikan

Pihaknya pun memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat memperluas wawasan dan ilmu terkait budi daya perikanan khususnya usaha produksi benih ikan di Balai Benih Ikan (BBI) yang berada di bawah naungan Diskan Kabupaten Sukabumi, di antaranya BBI Cimaja, BBI Tonjong, dan BBI Caringin.

Ia pun mengajak masyarakat sekitar agar ikut serta dan bersinergi dalam upaya pelestarian ikan dan lingkungan, adapun kegiatan yang dapat dilakukan seperti bersih-bersih sungai, penanaman pohon di sempadan sungai, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan alat tangkap yang berbahaya bagi biota perairan seperti penggunaan listrik dan racun.

Selain itu, masyarakat pun diimbau untuk turut serta bersama-sama mengawasi pembuangan limbah ke sungai. Maka dari itu, pelepasliaran benih ikan ini tujuannya untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat, nantinya ikan yang ada dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi.

Baca juga: Gubernur Jabar Tebar Sejuta Ikan Di Cipule

"Untuk itu, kami mengimbau kepada warga untuk menjaga kondisi sungai dari pencemaran, baik itu yang berasal dari sampah rumah tangga maupun limbah yang dikeluarkan dari aktivitas industri," ujarnya pula.

Pada sisi lain, Nunung mengatakan Diskan Kabupaten Sukabumi juga berkomitmen membantu Pemkab Sukabumi untuk menekan angka kasus stunting di wilayah Kabupaten Sukabumi, salah satunya dengan memberikan bantuan makanan bergizi yang berbahan baku dari ikan.

Ikan merupakan salah satu sumber penghasil protein hewani yang baik untuk tubuh khususnya anak yang sedang masa dalam pertumbuhan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mencerdaskan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023