Kepolisian Daerah Metro Jaya meminta warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terus menjaga tshun politik tetap kondusif di wilayah dengan bersama-sama memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Wakil Kapolda Metro Jaya Brigadir Jenderal Suyudi Ario Seto di Mapolres Metro Bekasi, Jumat, menyampaikan permintaan itu saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka silaturahmi bersama jajaran Forkopimda, tokoh agama dan masyarakat, serta politik di Kabupaten Bekasi.

"Hari ini saya mewakili Pak Kapolda Metro Jaya bersilaturahmi, bertukar pikiran bersama segenap elemen masyarakat di Kabupaten Bekasi dalam rangka menjaga kamtibmas yang kondusif memasuki tahun politik," katanya.

Dia mengatakan tahapan Pemilu Serentak 2024 sedang berlangsung dan sudah memasuki fase pendaftaran calon presiden dan wakil presiden dilanjutkan tahapan-tahapan berikutnya termasuk kampanye dalam waktu dekat hingga masa pemilihan mendatang.

Ia mengimbau segenap elemen masyarakat khususnya Forkopimda Kabupaten Bekasi untuk bersama-sama menjaga sinergi agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan baik dan lancar serta kondusif sesuai dengan harapan masyarakat.

"Siapapun yang memimpin negeri ini, kita harus mendukung dan ketua partai politik yang hari ini hadir bisa menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Bekasi terutama saat agenda pemilu 2024," katanya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan ada 18 partai politik yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bekasi sebagai peserta pemilu.

"Jumlah Dapil (daerah pemilihan) DPR RI 11, DPRD Provinsi Jawa Barat sebanyak 15, serta DPRD Kabupaten Bekasi dengan jumlah Dapil sebanyak tujuh dengan jumlah kursi 55 dan jumlah DPT sebanyak 2.200.209 pemilih di tahun 2024," katanya.

Twedi mengatakan tahun 2024 merupakan momentum politik yang sangat penting mengingat kegiatan pemilu atau pesta demokrasi ini diadakan secara serentak untuk beberapa pemilihan.

"Kami yakin pemilu tahun 2024 ini bukan merupakan tugas yang mudah, namun apabila kita kerjakan tugas pengamanan ini bersama akan terasa tidak berat, dikarenakan kita melaksanakan saling bahu-membahu serta bergotong royong," ucap dia.

Dia mengaku kondisi kamtibmas di Kabupaten Bekasi sangat kondusif berkat dukungan seluruh komponen masyarakat. "Di antaranya pemerintah, TNI, Polri, tokoh masyarakat, serta tokoh agama sehingga situasi kamtibmas aman dan kondusif," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung penuh Pemilu Serentak 2024 baik dari sisi anggaran, bantuan personel, maupun infrastruktur lain.

"Untuk kelancaran Pemilu 2024 kita berikan dukungan anggaran, dukungan personel, juga peralatan. Bahkan gedung pun kita hibahkan untuk KPU dan Bawaslu," katanya.

Dani menyebutkan dukungan personel diberikan melalui Satpol PP baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan, serta satuan linmas yang akan membantu pengamanan di masing-masing tempat pemungutan suara.

Dirinya juga telah menginstruksikan segenap camat bersama muspika untuk ikut mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2024 kepada masyarakat agar partisipasi pemilih meningkat.

"Dukungan sosialisasi ini penting agar partisipasi masyarakat untuk memilih tinggi, serta pemahaman pentingnya hak pilih ini digunakan secara baik," katanya.

Baca juga: Polres Bekasi gelar simulasi sistem pengamanan tahapan Pemilu 2024

Baca juga: Kapolri pimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 untuk pengamanan Pemilu

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023