Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata (OMB) Lodaya Polres Sukabumi Kota gencar melakukan patroli dialogis ke berbagai obyek vital dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu 2024.

"Kegiatan ini merupakan upaya preventif yang dirangkai melalui patroli dialogis yang bertujuan untuk menyerap informasi dari masyarakat tentang kamtibmas khususnya di tengah tahapan pendaftaran bakal calon Presiden dan Wakil Presiden RI pada Pemilu 2024," kata Humas OMB Lodaya Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis.

Menurut dia, salah satu lokasi yang dijadikan target patroli ini adalah Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi di Jalan Otista, Kota Sukabumi. Pada kegiatan itu satgas melakukan komunikasi kepada petugas pengaman sekretariat tersebut serta berdialog dengan komisioner KPU dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Polres Sukabumi gelar simulasi pengamanan pemilu 2024 jika terjadi situasi darurat
Baca juga: Waspadai kemungkinan aksi terorisme saat pemungutan suara

Selain tugas utamanya memantau situasi kamtibmas, para personel juga melakukan kegiatan dialog dengan berbagi elemen masyarakat untuk menyerap informasi mengenai kamtibmas, khususnya selama tahapan pencalonan atau pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024.

Langkah ini dilakukan untuk antisipasi terjadinya gangguan keamanan maupun aksi lainnya di tengah kondisi suhu politik yang terus meningkat di masa pendaftaran bakal calon Kepala Negara RI periode 2024-2029.

"Kami pun memberikan imbauan kepada warga agar tidak mudah terprovokasi oleh oknum tidak bertanggung yang ingin merusak suasana pemilu yang damai dan kondusif," tambahnya.

Baca juga: TNI-Polri gelar simulasi pengamanan gangguan Pemilu

Astuti mengatakan selama kegiatan patroli OMB Lodaya Polres Sukabumi Kota situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres setempat dalam kondisi kondusif dan masyarakat pun beraktivitas dengan normal.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023