Purwakarta (Antara Megapolitan) - Petugas Jasa Marga melakukan pengalihan arus lalu lintas di jalan Tol Cipularang khusus untuk kendaraan-kendaraan besar menyusul adanya perbaikan di jembatan Cisomang, jalan Tol Cipularang Kilometer 100, Jumat.

Informasi yang berhasil dihimpun, jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas di jalan tol tersebut ialah jenis kendaraan kecil golongan satu.

Terkait dengan pengalihan arus lalu lintas, kendaraan-kendaraan berat yang melintas dari arah Jakarta menuju Bandung diarahkan keluar jalan tol melalui Gerbang Tol Sadang atau Gerbang Tol Ciganea, Jatiluhur.

Kemudian melintasi jalan arteri Purwakarta-Bandung dan kembali masuk ke jalan Tol Cipularang melalui Gerbang Tol Cikamuning atau Gerbang Tol Padalarang.

Untuk kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta dialihkan melalui Gerbang Tol Padalarang atau Gerbang Tol Cikamuning.

Kemudian melintasi jalan arteri Bandung-Purwakarta, masuk ke jalan tol kembali melalui Gerbang Tol CIganea atau Gerbang Tol Sadang.

Pada Jumat ini sejumlah pekerja terlihat melakukan perbaikan tiang pancang jembatan Cisomang.

Seorang pekerja PT Jasa Marga, Yayat Hidayat mengatakan, sebenarnya pergeseran tiang pancang jembatan Cisomang tersebut sudah lama. Kini, kondisi jembatan tersebut sedang diteliti dan sebagian diperbaiki.

"Untuk penelitiannya berkaitan dengan pergeseran tanah, apakah pergeserannya signifikan atau tidak. Kalau perbaikannya, itu sudah mulai dilakukan sejak beberapa hari terakhir," kata dia.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, jalan arteri Purwakarta-Bandung siap menerima peralihan arus lalu lintas.

Ia mengaku sudah mengecek langsung kondisi Jembatan Cisomang yang dikabarkan retak-retak.

Sesuai dengan pantauan di lapangan, saat ini pada pilar kedua jembatan Cisomang yang lokasi di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dengan Purwakarta itu sedang ada tahap perbaikan dari pihak terkait.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016