Anggota Komisi B DPRD Depok, Jawa Barat, Rienova Serry Donie mengingatkan tanggung jawab serta besarnya peran kaum perempuan terhadap ketahanan ekonomi keluarga melalui kegiatan bisnis di Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM).

"Berbicara perempuan mampu membantu perekonomian keluarga melalui usaha UMKM sangat jelas. Bisa kita lihat berdasarkan data statistik pelaku UMKM se Indonesia 64 persen adalah perempuan," kata Rienova Serry Donie di Depok, Minggu.

Rienova Serry Donie mengatakan perempuan yang usaha melalui UMKM patut diapresiasi karena mereka tangguh mampu mengerjakan perekonomian.

Baca juga: ICMI Orda Depok gelar diskusi bahas koperasi dan UMKM

Bahkan ia menilai banyak perempuan bergerak di usaha UMKM sebagai langkah strategis dalam penanggulangan kemiskinan, yang dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar rumah.

"Kita patut apresiasi para Perempuan UMKM Indonesia yang tangguh, terus bergerak, terus bekerja sebagai enterpreuner atau pengusaha pengusaha yang membuka usaha setidaknya lapangan pekerjaan," tutur calon anggota legislatif DPRD Depok Dapil Kecamatan Tapos- Cilodong ini.

Untuk itu Rienova Serry Donie melalui Komisi B siap membantu bekerjasama, mendukung UMKM di Depok. Kata dia, pelaku UMKM Kota Depok didominasi oleh perempuan.

"Saya salut dengan UMKM di Depok didominasi perempuan mereka ulet, tangguh dan mandiri. Maka itu saya sangat mendukung dan mendorong di Komisi B yang membidangi UMKM," ungkap Rienova Serry Donie.

Baca juga: Pemkot Depok bantu sertifikasi pelaku UMK pengolahan ikan

Rienova Serry Donie siap bekerjasama dan mendukung kebutuhan UMKM melalui DPRD Depok yaitu memberikan kebijakan yang pro kepada pelaku UMKM.

"Tentu selanjutnya saya mengajak seluruh pemangku kepentingan baik pemerintahan, pemilik pers, media, akademisi dan warga Depok epok bergerak bersama," tutur Politisi Partai Gerindra.

Selain itu Rienova Serry Donie menambahkan keberadaan UMKM di Depok dinilai bisa membantu menurunkan angka pengangguran.

"Coba dibayangkan kalau saja para UMKM perempuan di Depok bisa merekrut minimal dua orang sebagai pegawai. Nah ini bisa menurunkan pengangguran di Depok," tuturnya .

Baca juga: UI dampingi 15 UMKM di Jabodetabek membuat laporan keuangan

Rienova Serry Donie mengajak bergerak bersama bergerak di usaha UMKM khususnya bagi kaum perempuan.

"Mari para perempuan UMKM Kota Depok, mari bergerak bersama, tetap semangat, jangan lelah untuk terus berbuat kebaikan kepada sesama dan
perempuan UMKM mampu berdaya saing," demikian Rienova.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023