Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi melakukan deklarasi Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Senin.

"Deklarasi ini yang juga dihadiri berbagai elemen masyarakat serta komunitas dan unsur pemerintahan ini merupakan aksi peduli dan juga upaya mitigasi bencana, khususnya wilayah Kecamatan Palabuhanratu," kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito di Sukabumi, Senin.

Dia menjelaskan deklarasi ini juga merupakan rangkaian puncak Hari Kemerdekaan Ke-78 RI dan Hari Jadi Ke-153 Kabupaten Sukabumi. Deklarasi ini menjadi tonggak penting dalam upaya menjadikan Kecamatan Palabuhanratu sebagai wilayah yang tangguh terhadap bencana.

Baca juga: Bupati Sukabumi raih penghargaan dari PMI sebagai penggerak donor darah
Baca juga: Bantu penuhi persediaan darah Satlantas Polres Sukabumi Kota gelar donor darah massal

Kecamatan itu rawan terjadi berbagai bencana alam, seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan tsunami.

Ia mengatakan PMI merupakan organisasi yang fokus terhadap bencana dan memiliki pengalaman dalam penanggulangan bencana tentunya memberikan dukungan penuh terhadap upaya meminimalisasi dampak bencana.

Pihaknya berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan masyarakat dalam mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana yang bisa terjadi, tanpa mengenal waktu dan tempat.

Baca juga: PMI Sukabumi berkolaborasi dengan perusahaan otomotif salurkan air bersih

"Deklarasi ini pun untuk mempersiapkan masyarakat agar sadar tentang pentingnya melakukan mitigasi bencana serta menambah pengetahuan terkait bagaimana cara aman jika terjadi bencana serta memberikan pertolongan kepada orang lain. Intinya jika terjadi bencana, dampaknya bisa diminimalkan," kata dia.

Dengan deklarasi Kencana, kata dia, Kecamatan Palabuhanratu dapat menjadi contoh bagi daerah atau kecamatan lain dalam upaya penanggulangan dan mitigasi bencana.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023