Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap lima orang calon Hakim Mahkamah Konstitusi untuk menggantikan posisi Wahiduddin Adams di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

"Dengan telah berakhirnya uji kelayakan terhadap saudara Prof. Abdul Latif maka berakhir pula acara uji kelayakan pada hari ini," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir menutup jalannya uji kelayakan dan kepatutan pada hari pertama di ruang rapat Komisi III DPR RI.

Hal tersebut disampaikan Adies setelah lima calon hakim MK mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III DPR, yakni Reny Halida Ilham Malik, Firdaus Dewilmar, Elita Rahmi, Aidul Fitriciada Azhari, dan Abdul Latif.

Baca juga: Komisi III DPR RI minta Kemenkumham tindak tegas dugaan bunker narkoba di Makasar

Sementara dua calon hakim MK lainnya, yakni Haridi Hasan dan Arsul Sani akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar pada Selasa (26/9) siang.

"Dan uji kelayakan akan dilanjutkan besok pada pukul 14.00 (WIB)," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto menekankan bahwa uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon hakim MK dilangsungkan secara terbuka untuk umum.

 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023