Bupati Sukabumi Marwan Hamami meraih penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai penggerak donor darah sukarela yang penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 PMI tingkat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat, (22/9).

"Sebenarnya saya tidak menyangka bisa mendapat penghargaan dari PMI karena apa yang dilakukan selama ini atas dasar sukarela dan untuk menjadi penggerak pendonor darah itu harus memberikan contoh nyata dengan rutin berdonor darah," katanya di Sukabumi, Jumat.

Menurut Marwan, apa yang dilakukannya selama ini seperti donor darah, hanya ingin menjadi manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya, bahkan ia mengaku sejak 1980 sudah rutin melakukan donor darah.

Baca juga: Bantu penuhi persediaan darah Satlantas Polres Sukabumi Kota gelar donor darah massal

Adapun tujuan lain donor darah, selain membantu orang lain juga untuk menjaga kesehatan tubuhnya pula, karena dengan rutin berdonor darah, secara otomatis darah di dalam tubuh terus baru, bersih dan segar.

Di sisi lain, berkaitan dengan HUT ke-78 PMI, ia mengapresiasi kinerja lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia tersebut yang telah banyak berkontribusi dalam bidang kemanusiaan seperti menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana serta memberikan berbagai edukasi yang bermanfaat untuk warga.

"Di momen HUT ini saya meminta kepada PMI untuk selalu berkontribusi dan terus memberikan motivasi serta inspirasi bagi orang maupun lembaga lain khususnya di Kabupaten Sukabumi. Kehadiran PMI harus dicintai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat" tambahnya.

Baca juga: Wabup Sukabumi mengajak warga rutin donor darah

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito mengatakan penghargaan yang diberikan oleh PMI kepada Bupati Sukabumi ini karena perannya luar biasa dalam mendorong masyarakat untuk menjadi pendonor darah.

Pihaknya pun mengapresiasi orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi itu karena sudah puluhan tahun menjadi pendonor aktif dan tentunya harus dicontoh dari sisi kepeduliannya tersebut.

"Maka dari itu, PMI Kabupaten Sukabumi turut hadir di tengah masyarakat agar keberadaan kami benar-benar dirasakan masyarakat dan akan selalu hadir untuk memberikan pertolongan dengan sepenuh hati," katanya.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota donorkan 148 labu darah ke PMI

Ia menambahkan untuk saat ini PMI Kabupaten Sukabumi terus melakukan aksi kemanusiaan dengan mendistribusikan air ke sejumlah kecamatan yang mengalami krisis air serta melakukan penanaman pohon di sekitaran sumber mata air.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023