Digitalk Fest 2023 diselenggarakan dengan fokus pada pengembangan ekonomi kreatif sebagai kunci pemulihan pasca pandemi.

Perwakilan Bataknese Professionals Association selaku penyelenggara, Pramella Pasaribu dalam keterangannya, Rabu mengatakan perpaduan budaya dan teknologi memiliki potensi untuk memperkuat UMKM.

Teknologi, menurutnya, berhasil mengubah cara masyarakat bekerja dan berinteraksi. Bahkan, teknologi dapat menciptakan nilai dalam ekonomi kreatif.

"UMKM dalam sektor swasta menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan produktivitas untuk menghasilkan inovasi. Mereka juga berperan dalam investasi modal yang sangat penting untuk pertumbuhan," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar Festival Kreatif optimalkan potensi ekraf

Senada dengan Pramella, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis melalui penguatan ekonomi kreatif target penciptaan jutaan lapangan pekerjaan baru di tahun 2024 akan terwujud.

"Dengan bantuan ekonomi digital kita akan mewujudkan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara Digitalk Fest 2023.

Baca juga: Digitalk Fest 2023: Budaya dan teknologi melebur jadi usaha kreatif

Menurut Sandi, penguatan ekonomi digital senada dengan upaya pemerintah memajukan UMKM dalam negeri.
"UMKM yang sudah onboarding sekitar 30 juta dalam program yang kita dorong secara lintas kementerian/lembaga, yaitu Bangga Buatan Indonesia," kata Sandi.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023