Pengembang Kawasan Sentul City melengkapi berbagai fasilitas penunjang untuk masyarakat di perumahan yang berlokasi di Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk menjadi kota mandiri.

Direktur Marketing PT Sentul City Tbk Timotius Thendean dalam keterangan tertulisnya di Bogor, Senin, menjelaskan bahwa untuk dapat disebut sebagai sebuah kota mandiri, kawasan pemukiman setidaknya harus memiliki area pemukiman yang luas, dimana di dalamnya terdapat beragam fasilitas lengkap.

Beragam fasilitas yang ia maksud yaitu sarana pendidikan, fasilitas bisnis dan perdagangan, fasilitas kesehatan, hingga fasilitas pelengkap seperti pusat perbelanjaan dan rekreasi.

"Sebuah kawasan dapat disebut sebagai kota mandiri jika kawasan tersebut juga menjadi tempat warganya untuk bekerja dan mencari nafkah. Jadi, kota mandiri bukan semata kawasan pemukiman, melainkan kawasan dimana warganya menetap dan menjalani kehidupan di daerah itu," kata dia.

Timotius menyebutkan, kawasan Sentul City dengan luas lahan 3.100 hektar yang dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk merupakan salah satu kota mandiri terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Dengan fasilitas lengkap dan terkini, perencanaan kota yang matang dan komitmen yang kokoh, kata dia, Sentul City bukan hanya menjadi kota impian, melainkan kenyataan yang memperkaya pembangunan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

"Untuk sarana pendidikan, kita dapat menemukan sekolah-sekolah ternama hadir di sana. Mulai dari taman bermain hingga perguruan tinggi," ujar Timotius.

Di kawasan Sentul City terdapat pendidikan unggulan seperti Sampoerna Academy, Sekolah Pelita Harapan, Universitas Trisakti, serta Institut Agama Islam (IAI) Tazkia. Kemudian, institusi pendidikan lainnya seperti Sekolah Nasional Plus BPK Penabur dan BCA Learning Center.

Menurut dia, dengan kehadiran institusi-institusi pendidikan ini, Sentul City tidak hanya memberikan fasilitas perumahan yang modern, melainkan juga mendukung perkembangan pengetahuan dan kualitas hidup masyarakat secara holistik.

Sedangkan fasilitas kesehatan di kawasan itu terdapat Rumah Sakit (RS) EMC Sentul serta beberapa klinik kecantikan dan spesialis lainnya.

"Lalu Aeon Mall Sentul City dan IKEA Sentul sebagai tempat yang menjadi solusi dan inspirasi perabot rumah tangga lengkap juga turut hadir untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga," paparnya.

Timotius juga memaparkan fasilitas penunjang lain seperti sarana olahraga, sarana rekreasi hingga restoran dan kafe. Mulai dari Taman Budaya Sentul City yang menjadi destinasi wisata favorit.

Kemudian, JungleLand Adventure Theme Park sebagai salah satu taman bermain wahana terbesar di Indonesia dengan luas area 35 hektar, area perkemahan Gunung Pancar, Sentul Highland Golf Club dengan 18-holes Championship Golf Course hingga resto dan kafe.

"Makin lengkap menjadi destinasi wisata menyusul banyaknya hotel termasuk jaringan hotel internasional yang hadir di Sentul City seperti The Alana Hotel Conference Center, Aston Sentul Lake Resort, Hotel Neo + Green Savana, dan Harris Hotel," tutur Timotius.

Ia mengatakan, selama 30 tahun berkarya untuk Indonesia, PT Sentul City Tbk terus maju menjadi kota mandiri yang mengikuti perkembangan zaman.
 

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023