Karawang (Antara Megapolitan) - Badan Standarisasi Nasional mendatangi PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills Kabupaten Karawang, Jawa Barat, untuk memastikan perusahaan tersebut telah menerapkan standar nasional dalam memproduksi kertas.

"Perlu tahu juga kita di lapangan (proses produksi kertas Pindo Deli), jadi tidak hanya dilihat di atas kertas tahunya," kata Deputi Penerapan Standar dan Akreditasi Badan Standarisasi Nasional Kukuh Saefudin Achmad, disela kunjungannya di Karawang, Rabu.

Ia mengaku sudah melihat profil seputar PT Pindo Deli yang telah memproduksi kertas. Secara umum, perusahaan tersebut telah memenuhi standar nasional.

Tapi disayangkan perusahaan di bawah Sinarmas Group yang dinilai telah memproduksi barang-barang berstandar nasional tidak pernah mengikuti Standard Nasional Indonesia (SNI) Award.

"Kita berharap agar nanti Pindo Deli mengikuti SNI Award itu," katanya.

Kukuh menyarankan agar Pindo Deli bisa berpartisipasi dalam kegiatan SNI Award karena secara umum, masyarakat cukup mendukung kegiatan tersebut.

Standar nasional bagi setiap produk diperlukan agar bisa melindungi masyarakat dan meningkatkan daya saing di pasaran.

GM Corporate Affairs APP Sinarmas Yuki Wardhana mengaku siap untuk mengikuti SNI Award pada tahun berikutnya.

"Ya ke depannya kita akan mengikuti SNI Award seperti yang dianjurkan Badan Standarisasi Nasional, agar bisa berdaya saing lagi," katanya.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut rombongan Badan Standarisasi Nasional meninjau proses produksi yang dilakukan di perusahaan itu. Termasuk mengecek sebuah ruang kontrol produksi di kawasan pabrik.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016