Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi menyalurkan bantuan berupa sarana penampungan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di Kampung Bedeng RT 09/05, Desa Medalkrisna, Kecamatan Bojongmangu.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan penyaluran bantuan ini sebagai bentuk bhakti sosial dan kepedulian jajaran kepolisian kepada masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau.

"Dengan penampungan air berkapasitas 5.000 liter ini semoga bisa dimanfaatkan warga sebagai wadah air bersama," katanya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Pemkab Bekasi perpanjang masa tanggap darurat bencana kekeringan selama 14 hariBaca juga: Pemkab Bekasi perpanjang masa tanggap darurat bencana kekeringan selama 14 hari
Baca juga: Petani-warga Pebayuran Bekasi gotong royong bersihkan saluran irigasi

Pihaknya menyalurkan bantuan sarana penampungan air di tiga lokasi se-Kecamatan Bojongmangu masing-masing Kampung Bedeng, Kampung Bojongmangu, serta Kampung Babakan Kaum.

Polres Metro Bekasi bekerja sama dengan Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi selanjutnya secara kontinyu mendistribusikan bantuan air bersih ke tempat penampungan tersebut untuk diambil warga yang kekurangan pasokan air bersih.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi Usep Rahman Salim memastikan pasokan air bersih akan terus dikirimkan ke tiga titik ini dengan langsung memasukkan air ke dalam penampungan.

"Pendistribusian air bersih sebagai bentuk kemanusiaan dan kepedulian sosial sekaligus dalam rangka pelayanan kami kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Petani-warga Pebayuran Bekasi gotong royong bersihkan saluran irigasiBaca juga: Debit air irigasi pertanian Bekasi ditambah oleh PJT II atasi kekeringan

Dia mengatakan skema bantuan air bersih merupakan penanganan jangka pendek sambil menunggu hasil proses seleksi dan verifikasi berkas oleh kepala desa setempat yang akan diajukan kepada pihaknya.

"Kita sudah menyiapkan solusi permanen dengan menyambung pipa langsung ke rumah warga yang belum menjadi pelanggan kami. Penyambungan itu secara cuma-cuma untuk meringankan beban warga terdampak agar ke depan tidak mengalami kondisi kesulitan serupa," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023