Bekasi (Antara Megapolitan) - Kegiatan lomba balap sepeda di dalam gedung pusat perbelanjaan mall di Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, diikuti ratusan peserta asal luar daerah.

"Kegiatan ini bernama Downmall yang merupakan rangkaian kegiatan Jambore Sepeda Bekasi 2016 bertepatan dengan Milad perdana Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Bekasi," kata Ketua ISSI Kota Bekasi Yaya Yuliana di Bekasi.

Menurut dia, lomba yang digelar di dalam Gedung Blu Plaza Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur itu diikuti oleh 240 pebalap sepeda dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta dan Bali.

"Antusiasme pesertanya cukup tinggi karena track yang mereka gunakan untuk balap sepeda ini cukup unik," katanya.

Dalam perolombaan itu, para peserta dibagi ke dalam sejumlah kelas pertandingan, antara lain women elite, expert, master dan elita.

"Pesertanya rata-rata berusia 14 sampai 50 tahun. Mereka harus menaklukkan lintasan tiga lantai mal yang memiliki panjang 800 meter dengan menaklukkan sejumlah trek yang disiapkan panitia," katanya.

Trek yang dimaksud berupa sweat jumping, escalator, speed jumping dan tangga darurat.

Dikatakan Yayan, kejuaraan ini akan dilaksanakan setiap tahun dengan harapan mencari bibit atlet yang dapat membela nama daerah dalam sejumlah ajang kejuaraan.

"Karena Kota Bekasi tidak memiliki gunung, jadi kejuaraan ini kami laksanakan di dalam mall," ujarnya.

Salah satu peserta asal Rawamangun, Jakarta, Diana (45), mengungkapkan, terdapat perbedaan kesulitan downmall dibandingkan downhill.

"Di dalam mal lebih licin jalurnya karena harus melalui keramik, belum lagi tangga darurat yang juga terbuat dari keramik maupun escalator," katanya.

Dia mengakus angat terhibur dengan jalannya pertandingan tersebut meski belum berkesempatan meraih juara.

"Mungkin tahun depan akan saya coba lagi," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016