Bataknese Professionals Association menyelenggarakan Digitalk Fest 2023 yang bertujuan agar identitas bangsa tak terlupakan, dimana unsur budaya melebur dan menghasilkan berbagai output produksi dari pelaku usaha kreatif. 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangannya, Minggu mengatakan target 4,4 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2024 akan terwujud bila ada sinergi yang tepat antara budaya dan pemanfaatan teknologi.

Dikatakannya para pelaku usaha termasuk UMKM harus meningkatkan kapasitasnya dalam pemanfaatan teknologi. 

"Saya ingin UMKM ini tidak jalan di tempat, naik kelas, bisa berkembang dan membuka lapangan kerja seluas luasnya," kata Sandiaga.

Pariwisata berbasis budaya dan teknologi bakal menjadi nilai jual kreatif di tengah perubahan tren dunia pasca-pandemi.

Dengan mengawinkan budaya dan teknologi, output produksi dari 14 subsektor seperti; periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, pakaian, video film dan fotografi, permainan interaktif.

Selain itu musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio serta riset dan pengembangan akan meningkat signifikan.

Bataknese Professionals Association menyelenggarakan Digitalk Fest yang rencananya digelar pada Rabu, 13 September 2023 di Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan dengan mengambil tema ‘Penguatan Ekonomi Kreatif Melalui Budaya serta Kekuatan Teknologi’. 

Selain Menparekraf Sandiaga Uno, akan hadir sejumlah narasumber yang concern dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia seperti Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Maritim dan Investasi), Yasonna H Laoly (Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia), dan Silmy Karim (Dirjen Imigrasi RI). 

Digitalk Fest akan menyoroti tren pemasaran digital yang kini berkembang dalam berbagai format. Pengembangan kreativitas, wawasan berbasis data, dan keterampilan analitis pelaku industri ekonomi kreatif akan jadi fokus utama seminar.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023