Ribuan pencari kerja mengikuti job fair atau bursa kerja yang diselenggarakan oleh Komunitas SMK Vokasi Cileungsi di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Ketua Pelaksana job fair, Hadid budiman mengatakan kegiatan ini sudah direncanakan oleh Komunitas SMK Vokasi Cileungsi melalui SMK Muhammadiyah dan SMK Metland sejak dua bulan lalu. 

"Peserta yang terjaring sekitar 1.400 pelamar, kategori lingkungan sekitar sekolah dan untuk umum. Belum lagi yang on the spot nanti. Ternyata infonya sudah sampai Bekasi bahkan lintas daerah," kata Hadid yang juga Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah ini.

Senada, Kepala Sekolah SMK Metland School Darmawan mengatakan, program job fair ini bisa terselenggarakan atas banyaknya dukungan dari berbagai instansi, terutama Kemendikbud yang mempunyai program dukungan bantuan program.

"Alhamdulillah dengan adanya program kerja smk ini sehingga job fair ini sebenarnya bukan hanya untuk alumni, tapi juga bisa berdampak untuk masyarakat sekitar dan itu lah sebetulnya," ujarnya. 

Peluang kerja keluar negeri ini pun dikuatkan dengan hadirnya seorang konsultan pendidikan, Dewi Sa'id.

Dewi yang juga mewakili rekrutmen tenaga kerja dari PT Tentriawaru Elit International menyebut, ia ingin memberikan inspirasi kepada kepada anak-anak lulusan SMK untuk bisa berani ke luar negeri dan mendapatkan kehidupan yang layak, oleh karena itu ia pun langsung membawa partner kerjanya dari Strada Singapure training asosiasi.

"Kita akan mengirimkan tenaga kerja terdidik, tersertifikasi secara internasional melalui strada Singapure training asosiasi dan akan dilaksanakan disini berkerjasama dengan SMK Cileungsi, kita akan goal kan cileungsi ini menjadi pelopor Pengembangan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri," ucapnya. 

Prosesnya, kata Dewi, ia menghubungi partnernga sebagai penerima kerja di luar negeri, kemudian mereka akan mengurus yang pencaker dengan kedutaan setempat, dengan spesifikasi lulusan SMK.

"Setelah itu mereka akan stempel job order tersebut ke perusahaan kami, lalu setelah itu kita akan urus visa dan sebagainya," urainya.

Di lokasi yang sama, Pengawas SMK dari KCD Pendidikan Jabar 1 Dina Martha tiraswati menyebut, memang tidak mudah mempersiapkan siswa sebagai calon pekerja.

"Pada saat prosesnya nanti ujungnya kemana mereka, jangan sampai kami meluluskan alumni 100 persen tapi mereka entah kemana. Sehingga denga cara ini (job fair) kita membuka peluang untuk peserta didik, khususnya para alumni untuk mencari kesempatan, bukan hanya di cileungsi, tapi kesempatan kita untuk melangkah ke luar negeri," ucapnya.

Sementara itu, Kabid penempatan dan perluasan kkerja Disnaker Bogor, M zulham Nasution, job fair di tingkat SMK ini baru dilakukan oleh Komunitas SMK Vokasi Ciileungsi. 
 
"Dan juga tadi menghadirkan hingga 25 (perusahaan) dari dalam dan luar negeri, tentu saja sebuah prestasi dan perlu diapresiasi lebih, karena bukan hanya lokal tapi juga jejaringnya tembus hingga keluar negeri," ucap Zulham.

Camat Cileungsi Adhi Nugraha berharap dengan adanya job fair, para pelajar baik yang sudah lulus maupun masih belajar bisa terikat dengan perusahaan sejak terlaksananya bursa kerja ini.

"Intinya mempertemukan antara pencari kerja dengan penyedia, mudah-mudahan hari ini bisa dengan kegiatan ini sebelum anak-anak lulus itu mereka sudah terikat dengan perusahaan, yang saya harapkan seperti itu," pungkasnya.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023