Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jawa Barat, menerima kunjungan perwakilan legislatif Negeri Sembilan, Malaysia, yang tertarik dengan model pariwisata di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Bogor, Devi P Sultani di Kota Bogor, Kamis, mengatakan bahwa rombongan perwakilan legislatif Negeri Sembilan telah berkunjung ke Kota Bogor dan kawasan Sentul puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, pada Rabu (6/9), untuk melihat model pengembangan pariwisata berbasis warga di sana.

"Jadi teman-teman dari Negeri Sembilan senang melihat perizinan di Kota Bogor yang tidak rumit, sehingga ekonomi tumbuh, lalu juga tertarik dengan Kampung Budaya di Sentul lihat puncak juga," kata Devi.

Baca juga: Desa Wisata Batulayang Bogor wakili Indonesia di Best Tourism Village yang digelar UNWTO
Baca juga: Taman Safari Bogor sambut libur sekolah dengan pertunjukan edukasi dan konservasi

Ia menuturkan bahwa rombongan perwakilan legislatif Negeri Sembilan yang merupakan negara bagian Malaysia merasa perlu membenahi sistem perizinan dan mengadopsi model pariwisata di Sentul dan Puncak Bogor.

Ketertarikan legislator Negeri Sembilan kepada pariwisata Bogor karena memiliki potensi wisata yang sama yakni area persawahan dan alam terbuka.

Dari kunjungan mereka ke kota hujan dan dua wilayah Kabupaten Bogor akan ditindaklanjuti dengan penjajakan kerja sama yang bisa dilakukan pemkot dan pemkab Bogor dengan Negeri Sembilan.

Baca juga: Sekda Bogor ajak pengelola desa wisata kuatkan perekonomian

Model sistem perizinan Kota Bogor dan UMKM Kota Bogor akan disodorkan untuk mengisi kuliner di pariwisata Negeri Sembilan.

"Di sana kebanyakan orang perantauan dari Sumatera Barat seperti Bukit Tinggi dan Payakumbuh. Jadi mereka sudah terbiasa dengan Indonesia dan semoga  ada yang bisa dikerjasamakan," ungkapnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023