Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat, mengumumkan sebanyak 762 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang telah masuk daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilu Anggota DPRD Kota Bogor lolos dari tanggapan masyarakat.

Dengan demikian, kata Ketua KPU Kota Bogor Samsudin di Kota Bogor, Selasa, tinggal menunggu waktu untuk penentuan penetapan daftar calon tetap (DCT).

Selama 10 hari, mulai 19 hingga 28 Agustus 2023, dibuka link (tautan) tanggapan masyarakat tentang bacaleg yang lolos DCS. Namun, kata Samsudin, tidak ada yang memberikan tanggapan, termasuk komplain.

Baca juga: KPU Kota Bogor umumkan 762 nama masuk DCS DPRD

Dengan tidak adanya komplain atau tanggapan dari masyarakat, kata dia, partai politik yang mengusung bacaleg bisa tetap mencalonkan mereka hingga masuk DCT.

Sebelum penetapan DCT, dia menegaskan bahwa partai politik sudah tidak bisa menambah bacaleg. Akan tetapi, masih bisa mengganti atau mengurangi jumlah bacaleg untuk ikut Pemilu Anggota DPRD Kota Bogor, 14 Februari 2024.

Samsudin menuturkan bahwa bacaleg yang sekarang masuk DCS secara administratif telah memenuhi syarat dan tidak mendapat komplain dari masyarakat, misalnya pemalsuan ijazah.

Baca juga: Pengumuman DCS anggota DPRD Kota Bogor pada pemilu 2024, berikut daftarnya
Baca juga: KPU Kota Bogor gencarkan koordinasi Kamtibmas jelang Pemilu 2024

"Nambah enggak bisa. Tetap dan berkurang masih ada peluang karena 762 bacaleg yang kemarin masuk DCS sebetulnya sudah MS secara administratif," jelasnya.

KPU Kota Bogor sebelumnya mengumumkan sebanyak 762 nama bacaleg dari 17 partai politik yang masuk DCS pemilu anggota DPRD setempat.

Penetapan DCS telah melalui pencermatan sesuai dengan aturan dan jadwal yang ditentukan oleh KPU RI pada tanggal 6—11 Agustus 2023.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023