Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggratiskan biaya pemasangan 1.000 sambungan langsung air bersih PDAM Tirta Bhagasasi bagi warga terdampak kekeringan di wilayah Kecamatan Cibarusah sebagai solusi jangka panjang mengatasi bencana tahunan itu.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan langkah solutif ini diambil guna mencegah dampak kekeringan saat musim kemarau melanda khususnya di wilayah Kecamatan Cibarusah yang menjadi daerah langganan terparah kekeringan setiap tahun.

"Ini karena Cibarusah setiap tahun seperti ini, tahun lalu baru pemasangan pipa utama ke titik-titik kantor desa tinggal nanti kita fasilitasi jaringan airnya agar langsung ke rumah-rumah warga," katanya di Cikarang, Sabtu.

Baca juga: PDAM Tirta Bhagasasi gelar program bulan promo sambut HUT ke-42

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (kanan) didampingi Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim (kiri) membagikan bantuan air bersih bagi warga terdampak kekeringan di halaman kediaman Kepala Desa Ridhogalih, Kecamatan Cibarusah, Jumat (1/1/2023). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Dia mengaku kondisi geografis wilayah Cibarusah, khususnya di tiga desa terparah terdampak kekeringan yakni Ridhogalih, Ridhomanah, dan Sinarjati menjadi tantangan pemerintah daerah untuk merealisasikan pemasangan sambungan langsung air bersih ini.

Pipanisasi jalur air ke rumah warga yang memiliki jarak relatif berjauhan antara satu rumah dengan kediaman lain serta dikelilingi kontur perbukitan batu karang itu membutuhkan biaya investasi yang cukup besar.

Baca juga: PDAM Tirta Bhagasasi bangun instalasi olah air di Tambun Utara

"Jarak antar rumah jauh, tidak terkumpul di satu titik sehingga membutuhkan jaringan pipa yang panjang. Kemampuan warga juga terbatas jadi saya instruksikan pemasangan sambungan gratis mungkin mencapai 1.000 atau kalau masih kurang bisa ditambah menjadi 2.000 tergantung hasil assesment berapa keluarga yang dibantu. Sehingga nanti tidak ada lagi kejadian kekurangan air bersih seperti saat ini," ucapnya.

Dani bahkan meminta agar pipanisasi dapat dikerjakan pada tahun ini mengingat kebutuhan air bersih mendesak. "Alhamdulillah PDAM bisa handle dulu terkait biaya modal. Kalau terkait penyertaan modal nanti itu untuk pipanisasi dan sambungan jaringan air bersih kepada seluruh warga terdampak kekeringan di kecamatan lain juga," ucap dia.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim mengatakan jaringan distribusi air bersih sudah masuk ke tiga desa tersebut namun baru 500 keluarga yang sudah menjadi pelanggan perusahaan.

Baca juga: PDAM Tirta Bhagasasi gelar lokakarya uji akurasi meter air

"PDAM Tirta Bhagasasi akan memberikan 1.000 sampai 2.000 sambungan langsung PDAM secara gratis yang nantinya dibiayai APBD Pemkab Bekasi tahun 2024. Kita gunakan biaya modal perusahaan dulu agar bisa terealisasi tahun ini juga," katanya.

Calon keluarga penerima sambungan langsung air bersih dari badan usaha milik Pemkab Bekasi ini merupakan usulan pemerintah desa setempat berdasarkan hasil penilaian atas sejumlah indikator antara lain masyarakat berpenghasilan rendah juga pengguna jaringan listrik berkapasitas rendah.

"Siap direalisasikan sambil menunggu usulan hasil assesment pemerintah desa karena pipa utamanya juga sudah tersedia tinggal disiapkan untuk yang ke rumah-rumah warga. Alokasi anggaran berdasarkan kebutuhan sekitar Rp6 miliar. Selama proses berjalan, kami tetap menyalurkan bantuan air bersih setiap hari karena ini bagian dari pelayanan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023