Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat membantu penjualan motor listrik karya perusahaan dalam negeri dan disubsidi  pemerintah pusat sebagai upaya memberi kemudahan masyarakat beralih dari kendaraan BBM fosil ke energi ramah lingkungan.

"Alhamdulillah, ini kan berarti masyarakat dimudahkan, tadinya cari-cari motor listrik yang pas, yang terpercaya tuh merek apa sih ini ada merek produk dalam negeri ya, sudah berpengalaman puluhan tahun buat sepeda, kemudian sepeda listrik, sekarang motor listrik, jadi kurang percaya apa lagi, ?" kata Dedie saat menghadiri peluncuran toko motor listrik di Jalan Raya Tajur, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis.

Dedie menuturkan, secara nasional gencarnya sosialisasi kendaraan listrik kepada masyarakat bertujuan untuk memperbaiki kondisi iklim. Antara lain mengurangi polusi sehingga kondisi kesehatan masyarakat juga bisa lebih terjamin.

Baca juga: Bima Arya menjajal motor listrik pertama milik Pemkot Bogor

Saat ini, tingkat polusi di seluruh dunia meningkat, di antaranya karena jumlah industri juga meningkat, kemudian pemakaian kendaraan bermotor berbahan bakar fosil juga bertambah.

Pemerintah berupaya mengkonversi penggunaan kendaraan berbahan fosil ke kendaraan listrik.

Dedie menyampaikan, Kota Bogor bangga karena salah satu perusahaan motor listrik dalam negeri United berproduksi di willayah Bogor.

"Dan jangan lupa, pabriknya ada di wilayah Bogor Raya. Artinya adalah simbiiosis mutualisme, ada kerja sama yang saling menguntungkan satu sama lain," katanya.

Baca juga: Bogor berencana permudah pajak dan bebas biaya parkir kendaraan listrik

Dedie menyampaikan, kualitas motor listrik anak bangsa ini patut dipercaya karena telah lulus laik jalan dan memberi keamanan yang baik.

Direktur IDS Hijaukan Negeri, Sutera Pramitaratri menjelaskan bahwa perusahaan di bawah lembaga pendidikan Wikrama ini telah bekerja sama dengan pihak perusahaa United sejak awal tahun hingga kini meluncurkan toko penjualan motor.

Sutera menjelaskan bahwa motor listrik ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membelinya, karena bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp7 juta.

Produk dalam negeri ini sudah memiliki rupa dan mesin yang standar laik jalan dan menyuguhkan kecepatan serta ketahanan baterai yang baik.

Baca juga: Kota Bogor menyambut era kendaraan listrik

Bahkan, United juga menjual bagian-bagian motor tanpa harus menunggu dari luar negeri, karena di produksi di dalam negeri.

Masyarakat dapat membeli empat motor jenis motor United dengan harga yang kompetitif mulai dari harga RP16 juta hingga Rp52 juta dan mendapat subsidi pemerintah bagi yang memenuhi persyaratan.

"Datang ke dealer ini, bawa KTP akan dicek NIK, bisa mendapat subsidi atau tidak. Model dan kualitas motor bisa di lihat, cukup baik," kata dia.
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023