Sebanyak 12 peserta calon penerima beasiswa program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengapresiasi kegiatan fasilitasi bimbingan dan tes wawancara yang digelar Pemkab Bekasi, Jawa Barat, bersama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Seorang peserta Ni'mah Darlina (28) yang berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Cabangbungin menyambut baik upaya Pemkab Bekasi yang sudah melakukan bimbingan hingga ke tahap simulasi wawancara ini.

"Kita nanti ketika wawancara tidak tahu, karena baru banget ikut LPDP, jadi dengan acara ini setidaknya kita dapat gambaran luas nanti akan seperti apa," katanya di Cikarang, Kamis.

Darlina yang memilih Universitas Pendidikan Indonesia sebagai pilihan pertama program beasiswa ini, mengaku simulasi wawancara yang baru saja dilaluinya berkisar pada pertanyaan seputar kontribusi terhadap negara atau daerah ketika sudah lulus nanti.

Baca juga: Pemkab Bekasi dan ITB fasilitasi bimbingan tes penerima beasiswa LPDP

"Tadi ditanya misalnya tentang komitmen kembali ke daerah asalnya seperti apa, kurang lebih seperti itu tadi," ucapnya.

Peserta lain, Hasna Hadaina (30) turut mengapresiasi Pemkab Bekasi yang telah melatih secara mental untuk siap mengikuti wawancara dalam program LPDP yang sebenarnya.

Wanita berprofesi dokter gigi itu mengaku kesan dari proses simulasi ini seperti sudah menjalani tes yang sebenarnya. Hasna memiliki motivasi meraih beasiswa di Universitas Indonesia (UI) dengan spesifikasi ilmu kedokteran spesialis.

"Cukup menegangkan ya, sudah seperti wawancara LPDP aslinya yang saya bayangkan, jadi ini berguna untuk saya mempersiapkan mental dan materi wawancara lebih baik lagi," katanya.

Baca juga: Wakil Menlu Dorong LPDP Gandeng Kantor Berita Antara

Dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi dari tahun ke tahun akan terus melakukan pendampingan untuk membantu masyarakat masuk ke program beasiswa LPDP.

"Semoga bimbingan dari Pemkab Bekasi mulai tahap awal yakni pemberkasan, tes TOEFL, membimbing tes potensi akademik, sampai tahapan tes wawancara ini terus dilakukan Pemkab Bekasi di tahun-tahun mendatang, karena ini sangat membantu kami serta masyarakat lain yang ingin mendapatkan beasiswa ini berikutnya," ucap dia.

Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama ITB memfasilitasi pendampingan dan bimbingan tes wawancara kepada 12 peserta calon penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

Baca juga: Seleksi Penerima Beasiswa LPDP Semakin Ketat

Asisten Daerah III Setda Kabupaten Bekasi Jaoharul Alam yang membuka kegiatan ini mengatakan pendampingan kepada 12 peserta tersebut untuk memberikan bimbingan serta kiat-kiat agar mampu menembus beasiswa LPDP.

"Untuk wawancaranya kita simulasikan saat ini, kita lanjutkan, termasuk di situ nanti ada bentuk-bentuk pertanyaan yang menjadi fokus dari tes wawancara di LPDP," kata dia. (KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023