Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan)  Kantor Cabang Depok mengadakan acara ngobrol santai  bersama perusahaan binaan dengan mengusung tema "Terus Melaju Bersama BPJamsostek Untuk Indonesia Maju".

"Kegiatan ngobras dalam rangka  memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 78," kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Depok Achiruddin di Depok, Jumat.

Ia mengungkapkan tujuan ngobrol santai sebagai wujud nyata sinergi BPJS Ketenagakerjaan dengan pemberi kerja atau badan usaha dalam membangun hubungan yang berkesinambungan demi kesejahteraan pekerja.

"Peserta ngobrol santai yaitu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Pimpinan Perbarindo, Pimpinan BPR, Bank BTN dan HRD perusahaan dengan kategori skala besar - menengah yang sudah tertib administrasi kepesertaan dan iuran," kata Achiruddin.

Baca juga: BPJamsostek Depok serahkan santunan kematian bagi nasabah BPR

Achiruddin mengatakan acara ngobrol santai kami menyampaikan materi Manfaat Layanan Tambahan (MLT) sebagai kemudahan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan melakukan pengajuan kredit kepemilikan rumah pertama serta pengajuan renovasi rumah.

Dengan harapan HRD perusahaan yang hadir dapat menyampaikan program ini kepada karyawan di perusahaannya.

"Persyaratan pemberi kerja atau perusahaan harus tertib administrasi dan iuran serta mendaftarkan seluruh pekerjanya dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan," tuturnya.

Achiruddin menyebutkan kreteria tersebut yaitu tenaga kerja harus terdaftar satu tahun menjadi peserta, kepemilikan rumah pertama, serta memenuhi syarat dan ketentuan Bank atau OJK.

Baca juga: BPJamsostek Depok lindungi peserta Piala Soeratin U-13 dan U-15

Lebih lanjut ia juga menjelaskan dalam acara ngobrol santai ini juga dibahas mengenai Perisai atau Penggerak Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yaitu perorangan/individu yang bertugas untuk melakukan edukasi dan pendaftaran.

"Serta membantu pengurusan administrasi kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi peserta Bukan Penerima Upah (BPU) atau biasa disebut pekerja informal," kata Achiruddin.

Kata Achiruddin masyarakat umum berkesempatan menjadi agen perisai BPJS Ketenagakerjaan Depok untuk dapat memberikan perlindungan kepada pekerja informal yang ada di sekitarnya khususnya pekerja informal yang berada di Kota Depok.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Depok buka kesempatan jadi agen perisai

"Acara kami kemas dengan mengadakan berbagai macam perlombaan untuk memeriahkan HUT RI ke 78 serta untuk meningkatkan engagement dan mempererat silaturahmi antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Depok dengan HRD Perusahaan" jelasnya.

"Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Perusahaan atas kerjasama, koordinasi dan sinergitas selama ini. Tentunya kami berharap hubungan baik ini dapat berlanjut dan lebih baik lagi kedepannya. Semoga momentum ngobrol santai ini dapat memberikan kesan yang baik serta lebih mengenal satu sama lain," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023