Polresta Bogor Kota membentuk kampung tangguh bebas Narkoba di dengan percontohan di  Gang Madrasah RT 02 RW 01 Kelurahan Cikaret Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor karena wilayah itu dinilai rawan penyalahgunaan atau peredaran barang-barang terlarang itu. 

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso di Kota Bogor, Selasa, mengatakan bahwa kunjungan terhadap kampung percontohan tangguh bebas narkoba tersebut telah dilaksanakan sejak beberapa hari lalu untuk menciptakan kawasan yg bersih dari narkoba dan membangun budaya gotong royong dan saling perduli di lingkungan setempat. 

"Dalam mewujudkan Kampung Bebas Narkoba ini jajaran Kepolisian bekerja sama dengan pemerintahan kota, pemerintah desa, kecamatan, TNI, juga masyarakat akan berupaya bersama-sama dalam mencegah dan memberantas peredaran narkoba," kata Kombes Bismo. 

Ia menjelaskan program ini sebagai upaya untuk melakukan upaya preventif dan preemtif mengenai pencegahan peredaran narkoba dan juga melakukan penyuluhan pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN). 

Selain itu, sosialisasi bahwa upaya-upaya terakhir dengan melakukan penegakan hukum bagi penyalahgunaan narkoba dapat dilaksanakan jika kasus penggunaan dan peredaran ditemukan. 

Bismo menyampaikan, dalam kegiatan kampung tangguh juga ada penanaman pohon yang merupakan bagian dari pemberdayaan daerah kurang produktif menjadi produktif. 

Penanaman berbagai pohon yang berbuah seperti durian, mangga jambu pete dan lain sebagainya sumbangan dari Kementerian Lingkungan Hidup sebanyak 300 pohon. 

"Kampung bebas narkoba ini hasil dari masyarakat berkolaborasi bersama, yang dari banyak pengguna narkoba kemudian banyak bandar narkoba ini memiliki semangat untuk merubah menjadi hal-hal yang lebih bermanfaat dan produktif ada dari segi ekonomi," jelasnya. 

Bismo menyebut pemberdayaan masyarakat di kampung tangguh ini di antaranya usaha seperti peternakan domba dan ayam, perkebunan tanaman-tanaman yang produktif dan produk UMKM tas, sepatu dan sandal anak-anak. 






 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023