Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, berkolaborasi dengan 30 komunitas melalui penyelenggaraan Festival Merah Putih, mengibarkan Bendera Merah Putih setiap hari selama bulan Agustus 2023 dalam menyambut HUT ke-78 RI. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah di Kota Bogor, Selasa, menuturkan Festival Merah Putih (FMP) 2023 diawali dengan mengarak Bendera Merah Putih berukuran raksasa oleh berbagai pihak dengan ragam latar belakang, mulai dari Balai Kota Bogor menuju Jalan Siliwangi, yang dibuka Gubernur Jawa Barat (Jabar)  Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi Forkopimda Kota Bogor.

"Tujuan yang ingin dicapai tidak lain untuk lebih menumbuhkan dan menguatkan rasa nasionalisme atau kebangsaan, rasa persatuan dan kesatuan," kata Syarifah Sofiah.

Baca juga: Kirab Merah Putih sepanjang 100 meter sambut HUT ke-78 RI di Kota Bogor
Baca juga: Kota Bogor gelar Festival Merah Putih selama sebulan penuh sambut HUT ke-78 RI

Ia berharap kegiatan itu berjalan lancar dan terus berlanjut mengingat dampak positif bagi masyarakat yang menyaksikan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih.

“Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, pada umumnya banyak masyarakat yang mengikuti proses pengibaran dan penurunan yang diiringi lagu Indonesia Raya dari kejauhan, ini menjadi salah satu ikhtiar bersama untuk mengingatkan rasa kebangsaan, persatuan, solidaritas dan rasa kebanggaan terhadap bangsa kita,” kata Syarifah.

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor pun mendapat kepercayaan menjadi petugas dan peserta kegiatan Bendera Merah Putih dalam rangkaian Festival Merah Putih (FMP) Tahun 2023 di Tugu Kujang, Kota Bogor, Senin (14/8) sore.

Baca juga: Sekretariat DPRD Bogor bagikan 500 bendera Merah Putih di Parung

Syarifah Sofiah yang juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor bertindak selaku inspektur, didampingi Sekretaris Kwarcab Kota Bogor dan jajaran serta para panitia FMP 2023.

Apresiasi diungkapkan Syarifah Sofiah kepada anggota dan pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor yang diberi kepercayaan sebagai petugas maupun peserta.

“Alhamdulillah bertepatan Hari Pramuka ke-62, hari ini Pramuka Kota Bogor diberi kesempatan menjadi petugas pengibaran dan penurunan bendera. Tadi pagi ketika pengibaran dipimpin Ketua Kwarcab Kota Bogor, Kak Dedie A. Rachim,” kata Syarifah Sofiah.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023