Upaya menekan angka kenakalan remaja di wilayah Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Polres Sukabumi Kota gencar melaksanakan program Polisi Masuk Sekolah atau Police Goes to School.

"Program ini dilakukan dengan safari kamtibmas untuk memberikan penyuluhan terhadap pelajar di sekolah yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo di Sukabumi pada Senin, (14/8).

Menurut Ari, program ini merupakan inovasi pihaknya yang dilakukan setiap awal pekan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pelajar untuk ikut menjaga kamtibmas sebagai upaya menekan angka kasus kriminal yang melibatkan oknum pelajar di Sukabumi.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota imbau orang tua perketat pengawasan kegiatan anak di malam hari
Baca juga: Polres Sukabumi Kota tangkap seorang ABH terduga pembunuh pelajar SMK

Kegiatan ini dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dilangsungkan seperti kegiatan upacara bendera setiap Senin, sehingga tidak aktivitas akademik sekolah.

Materi penyuluhan yang diberikan meliputi pengetahuan tentang beberapa peraturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan larangan aksi kekerasan, penganiayaan, penggunaan senjata tajam hingga Undang-Undang Perlindungan Anak.

Di tempat yang sama, Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih menambahkan Program Police Goes to School menjadi salah satu upaya preemtif Polres Sukabumi Kota untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas khususnya di lingkungan sekolah.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota selidiki kasus tawuran yang tewaskan pelajar SMK

Di mana, pihaknya ingin meningkatkan peran pelajar sebagai garda terdepan dalam mengantisipasi kenakalan remaja dan terjadinya kasus kriminal yang melibatkan oknum pelajar. Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan pelajar semakin paham aturan dan konsekuensi jika bermasalah dengan hukum yang berlaku.

"Kami berharap pelajar bisa berpikir ulang jika akan melakukan tindakan yang melawan hukum karena dampaknya selain bisa masuk penjara, juga membahayakan diri sendiri dan orang lain," tambahnya.

Astuti mengatakan program ini dilaksanakan rutin oleh jajaran pejabat Polres Sukabumi Kota maupun Polsek di awal pekan atau Senin di sela pelaksanaan upacara bendera maupun saat jam istirahat sekolah sehingga tidak mengganggu proses KBM.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023