Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan meninjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirta Bhagasasi di Kecamatan Cabangbungin yang berlokasi di Desa Setiajaya untuk memastikan upaya peningkatan layanan air bersih masyarakat wilayah utara.

"Pembangunan instalasi pengolahan air bersih di Cabangbungin ini meskipun pasarnya kecil, tapi kebutuhannya tinggi. Karena di wilayah utara ini air sumurnya payau sehingga tidak bisa digunakan langsung untuk dikonsumsi," kata Dani Ramdan di lokasi, Sabtu.

Ia mengatakan berbeda dengan pembangunan IPA di wilayah selatan yang dibangun Pemkab Bekasi bekerja sama dengan pihak ketiga, IPA di Cabangbungin ini dibangun langsung pemerintah daerah melalui PDAM Tirta Bhagasasi sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Alhamdulillah penyertaan modal kita di PDAM bisa untuk membangun tambahan instalasi pengolahan air di Cabangbungin yang cakupan pelayanannya tidak hanya di Cabangbungin, tapi sampai Kecamatan Muaragembong," katanya.

Pembangunan IPA Cabangbungin ini semula baru memiliki kapasitas 40 liter per hari, kini ditingkatkan menjadi 100 liter per hari untuk tahap pertama dan akan terus ditingkatkan pada tahap selanjutnya.

Dani berharap cakupan layanan air bersih dari PDAM Tirta Bhagasasi akan terus meningkat dari 40 persen menjadi 60-80 persen pada tahun 2027 melalui optimalisasi pembangunan IPA-IPA baru ini.

"Mudah-mudahan waktunya bisa terkejar sesuai jadwal sehingga masyarakat bisa secepatnya menikmati layanan air bersih dari PDAM Tirta Bhagasasi," katanya.

Ia menyebut dalam setahun terakhir pemerintah daerah telah merealisasikan pembangunan lima IPA yang mampu menyuplai persediaan air bersih warga dengan total kapasitas 3.000 liter per detik.

Pemkab Bekasi melalui PDAM Tirta Bhagasasi saat ini baru mampu menjangkau cakupan layanan sebesar 40 persen.

Pemkab sudah membangun IPA baru di antaranya Tanah Merah, Jababeka, Cibitung, Cikarang Selatan, dan di Cabangbungin ini.

"Bertahap sampai tahun 2027 kami targetkan cakupan layanan mencapai 60-80 persen," katanya.

Baca juga: PDAM Tirta Bhagasasi bangun instalasi olah air di Tambun Utara

Baca juga: PDAM Tirta Bhagasasi gelar lokakarya uji akurasi meter air

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023