SMA Negeri 2 Kota Depok Jawa Barat berhasil mengantarkan 98 persen lulusan  sekolah tersebut pada tahun 2023 ini berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Depok Wawan Ridwan di Depok, Rabu menjelaskan sebanyak 75 orang masuk PTN lewat jalur undangan atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 275 masuk PTN lewat jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) atau akrab dikenal Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jalur seleksi Mandiri.

"Tahun 2023 ini SMAN 2 Kota Depok berhasil mengantarkan 98 persen dari total 358 siswa kelas XII masuk PTN. Itu tersebar ya di berbagai PTN di Indonesia," jelasnya.

Dikatakannya dari 350 siswa SMAN 2 Kota Depok yang berhasil masuk PTN, sekitar 200 orang diterima di Universitas Indonesia (UI). Tak hanya itu 30 orang lulusan SMAN 2 Kota Depok tahun 2023 ini berhasil masuk kedokteran.

"Capaian ini tentu berkat kerja keras seluruh tim guru, tenaga pendidik SMAN 2, dan yang tak kalah pentingnya adalah dukungan penuh dari para orang tua siswa," katanya.

Salah satu faktor tingginya animo siswa SMAN 2  agar masuk PTN adalah berkat peran alumnus UI yang sebelumnya lulus dari SMAN 2 mau dengan sukarela datang sharing dan transfer pengalaman kepada junior nya.

Sehingga, lanjut Wawan, tak heran kenapa begitu banyak siswa kelas XII SMAN 2 Kota Depok tahun ini yang diterima masuk UI.

"Jadi SMAN 2 itu udah tradisinya kalau ke UI. Itu alumnus UI tidak ada imbalannya datang dan sharing ke sekolah, mereka sukarela aja. Mereka bangga lulus dari SMAN 2 bisa masuk UI dan ingin adik-adiknya bisa seperti mereka," tutur Wawan.

Kemudian, faktor kedua adalah kedekatan sekolah dengan orang tua siswa, sehingga banyak siswa kelas XII SMAN 2 mengikuti bimbingan belajar (bimbel) diluar untuk meningkatkan materi yang diterima di sekolah.

"Rahasianya adalah kedekatan dengan orang tua, jadi anak-anak banyak yang bimbel di luar untuk pemantapan materi dari sekolah. Lalu memperbanyak pengayaan dan dilengkapi dengan try out di sekolah," demikian Wawan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023