Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat memperbaiki akses jalan wilayah pesisir Kecamatan Muaragembong untuk memudahkan mobilitas warga yang tinggal di ujung utara daerah ini.

"Rekonstruksi jalan sesuai instruksi Pak Pj (Penjabat) Bupati Bekasi berkaitan akselerasi sekaligus pemerataan pembangunan guna menunjang mobilitas dan perekonomian warga," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln, di Cikarang, Selasa.

Dia mengatakan pekerjaan perbaikan jalan dilakukan pada ruas Kampung Bagedor yang menghubungkan dua desa yakni Desa Pantai Harapan Jaya dan Desa Jayasakti sepanjang 1.050 meter.

"Perbaikan jalan di ruas ini disertai pelebaran jalan dengan ukuran empat meter lebih dan saat ini sudah selesai dikerjakan," katanya.

Baca juga: Jalan rusak berat, warga Muaragembong Bekasi minta pemerintah lakukan perbaikan

Perbaikan jalan di titik kedua berada pada akses yang menghubungkan Desa Pantai Mekar dan Desa Pantai Harapan Jaya sepanjang 680 meter dengan progres saat ini 290 meter telah diselesaikan sedangkan sisanya sedang dalam proses pengerjaan.

"Jalan ini akan dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung kelancaran mobilitas dengan harapan bisa mengangkat perekonomian dan kesejahteraan warga khususnya di wilayah Kecamatan Muaragembong," katanya.

Camat Muaragembong Sukarmawan mengaku masyarakat Muaragembong telah lama menantikan perbaikan akses jalan secara berkelanjutan guna memudahkan mobilitas warga yang notabene berada di ujung pesisir Kabupaten Bekasi berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Baca juga: Pemkab Bekasi ajukan jalan penghubung Muaragembong-Cilincing

"Saya mewakili masyarakat Muaragembong mengucapkan terima kasih Kepada Bapak Pj Bupati Bekasi atas pembangunan jalan penghubung di wilayah kami. Ini sudah dinanti-nantikan warga," katanya pula.

Dia berharap pembangunan infrastruktur jalan di Muaragembong terus direalisasikan secara kontinu, sehingga mampu memperlancar akses mobilitas yang memberikan manfaat besar bagi peningkatan roda perekonomian masyarakat pesisir.

"Besar harapan kami agar pembangunan dapat berkesinambungan ke desa yang lain yang ada di Kecamatan Muaragembong. Di antaranya Desa Pantai Bahagia yang saat ini akses jalannya masih sangat memprihatinkan," katanya lagi.

Baca juga: Tanggul kritis, warga Muaragembong Bekasi minta perbaikan untuk cegah banjir

Sukarmawan juga berharap pihak terkait dapat segera merealisasikan perbaikan infrastruktur jalan di Desa Pantai Bahagia yang tahun telah diajukan melalui musrenbang, sehingga dapat mendongkrak potensi wisata bahari di Kecamatan Muaragembong.

"Kami mewakili masyarakat Muaragembong sangat berharap, agar pihak-pihak terkait bisa merealisasikan perbaikan jalan sepanjang delapan kilometer menuju objek wisata Pantai Beting dan tujuh kilometer menuju objek wisata Lutung Jawa," kata dia lagi.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023