Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok berhasil mengumpulkan 18.530 Bendera Merah Putih dari sejumlah stakeholder dan perangkat daerah untuk mendukung Gerakan Nasional Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih.

"Pengumpulan bendera telah dimulai sejak 1 Juni hingga 31 Juli 2023. Selanjutnya bendera tersebut akan dibagikan ke 11 kecamatan yang ada di Kota Depok," kata Kepala Bakesbangpol Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny di Depok, Jumat.

Ia mengatakan target 10 ribu bendera namun saat ini sudah terlampaui dan akan dilakukan kirab Bendera Merah Putih.

Baca juga: 4.000 lembar bendera Merah Putih dibagikan ke warga Bekasi
Baca juga: Sekretariat DPRD Bogor bagikan 500 bendera Merah Putih di Parung

Dikatakannya, kirab bendera akan mengambil rute Balai Kota Depok sampai Pesona Khayangan dan kembali lagi ke Balai Kota Depok. Hal tersebut dilakukan untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.

Peserta kirab terdiri dari Satpol PP 15 personel, Pemadam Kebakaran sembilan personel dan Purna Paskibraka (PPI) Kota Depok sebanyak 60 personel. Selama kirab peserta membawa Bendera Merah Putih dan berbagai ornamen bertemakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Pemkab Karawang meminta perusahaan sumbang bendera merah putih

"Kami ingin masyarakat sudah mulai berhias untuk menyemarakkan HUT ke-78 RI. Harapan kami tahun ini semua dapat berpartisipasi," katanya.

Menurut Lienda, dari semua instansi yang berpartisipasi, terbanyak dalam pengumpulan Bendera Merah Putih dipegang oleh Dinas pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023