Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi Sony Hermanto optimistis pembangunan pedestrian di beberapa ruas jalan di Kota Sukabumi, Jawa Barat bisa rampung sesuai target waktu yang telah ditentukan atau Agustus 2023.

"Adapun pembangunan pedestrian tersebut berada di kawasan Gedung Juang 1945 dan Jalan Jendral Sudirman. Di mana dari hasil pemantauan di lokasi progres pembangunan sudah ada di angka 80-90 persen sehingga kami yakin pada Agustus pembangunan rampung," katanya di Sukabumi, Senin.

Menurut Sony, untuk pembangunan pedestrian di Jalan Sudirman menggunakan bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sementara untuk pembangunan pedestrian di kawasan Gedung Juang 1945 menggunakan anggaran dari APBD II yang perkirakan bisa rampung semuanya di waktu yang sama atau Agustus.

Mengenai pembangunan di area Gedung Juang ini mengusung konsep terintegrasi, di mana pedestrian di area Gedung Juang, Lapang Merdeka dan Alun-Alun Kota Sukabumi akan terhubung dimulai dari pemilihan material yang serupa. Selain itu pembangunan yang dilakukan pun bertujuan untuk menambah ruang publik bagi masyarakat.

Pembangunan pedestrian di lokasi tersebut juga untuk menjadikan destinasi wisata yang murah. Di mana orang bisa jalan kaki atau lari santai, karena pedestrian yang dibangun berkonsep ramah bagi pejalan kaki serta kaum disabilitas serta untuk menciptakan ruang yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Di sisi lain, Sony mengatakan bahwa perbaikan Jembatan Sudirman yang mengalami longsor beberapa waktu lalu, saat ini pengerjaan telah mencapai 100 persen, sehingga saat ini sudah bisa digunakan kembali dan tentunya arus lalu lintas tidak kembali tersendat.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023