Sejumlah elemen sektoral yang tergabung dalam Jaringan Anies Mania (Jaman) di Kampung Nelayan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu 30 Juli 2023 mendeklarasikan dukungan kepada Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden untuk Pemilu 2024.

Sunarto, Koordinator Jaman membacakan isi deklarasi, antara lain, menyebutkan, Jaringan Anies Mania berjuang dan mendukung 100 persen Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden.

Sunarto menjelaskan Kampung Nelayan Muara Angke dipilih untuk tempat deklarasi, untuk mengingatkan adanya perampasan hak-hak warga negara, penggusuran di Muara Angke, Kampung Batang, Kampung Akuarium sejak 2012 yang mencakup 112 titik.

Baca juga: Ojol deklarasi harga mati Anies For Presiden 2024

Masyarakat Muara Angke, kata Sunarto, telah melawan kebijakan yang otoriter itu dengan berbagai cara mulai demo hingga melalui jalur hukum yang dimenangkan warga.

"Karena itulah warga Muara Angke memfasilitasi Jaman untuk mendeklarasikan perubahan dengan memilih Anies pada Pilpres 2024," katanya.

Ia akan memperjuangkan aspirasi warga nelayan Muara Angke untuk memperjuangkan perubahan itu.

Baca juga: Jarnas Beraksi: Ratusan rumah di Cianjur jadi posko relawan Anies

"Kita punya sejarah yang tidak mungkin ditutup-tutupi, siapa yang datang ke Jakarta pada 2012, dan kemudian melakukan penggusuran-penggusuran," katanya.

Warga bersyukur saat Anies jadi Gubernur DKI harkat dan martabat warga dikembalikan secara terhormat, dengan membangun kembali kampung-kampung yang akan tergusur, dan menata kembali kampung-kampung tersebut. 

Karena itu, warga Muara Angke dan Jaman bertekad akan berjuang memenangkan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

Elemen sektoral yang tergabung dalam Jaman antara lain Komunitas Pendukung Anies, Alumni Trisakti, Alumni Budi Utomo, dan Nelayan Muara Angke. 

Secara bergantian elemen tersebut menyampaikan bagaimana jejak rekam Anies ketika memimpin Jakarta yang menjadi alasan mereka akan berjuang menjadikan Anies sebagai Presiden 2024. 

Menurut perwakilan nelayan, Junaidi, menyatakan Anies semasa menjadi Gubernur DKI Jakarta tidak hanya menepati janji, tetapi juga memberi pendidikan kesadaran hak politik warga.

Baca juga: Tiga bakal capres adu gagasan saat hadiri kegiatan Rakernas APEKSI di Makassar

Baca juga: Anies Dukung Gagasan Elemen Buruh Tentang Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat

Pewarta: Rilis

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023